Home / BISNIS / Transaksi Capai Rp665 juta, Pasar Keuangan Rakyat Meriahkan Puncak BIK 2023 di Sumut

Transaksi Capai Rp665 juta, Pasar Keuangan Rakyat Meriahkan Puncak BIK 2023 di Sumut


EDISIMEDAN.com, BINJAI-Otoritas Jasa Keuangan bersama seluruh pemangku kepentingan terus meningkatkan inklusi keuangan masyarakat melalui perluasan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan sosial masyarakat.

Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023, OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (OJK KR 5 Sumbagut) bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sumatera Utara (Forkom-IJK Sumut) menyelenggarakan Puncak BIK melalui kegiatan Pasar Keuangan Rakyat.

Kegiatan digelar selama tiga hari berturut-turut, 21 – 23 Oktober 2023 di Binjai Super Mall (BSM), Kota Binjai.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Walikota Binjai Rizky Yunanda Sitepu STT, MP, Kepala Dinas Kominfo Kota Binjai Sofyan Syahputra Siregar, S.STP. MAP, pimpinan Industri Jasa Keuangan di Provinsi Sumatera Utara, dan diikuti peserta dari insan Industri Jasa Keuangan serta masyarakat umum.

Baca Juga:  4G Plus Indosat Ooredoo Makin Meluas, benefit Makin Banyak

“Kegiatan BIK ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi penggunaan produk atau layanan jasa keuangan,” kata Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Bambang Mukti Riyadi, Jumat (27/10/2023).

Bambang menuturkan, rangkaian kegiatan diselenggarakan dalam rangka memeriahkan BIK 2023 di Provinsi Sumatera Utara selama bulan Agustus – Oktober 2023 berupa roadshow edukasi keuangan ke wilayah 3T, OJK goes to campus, business matching, sosialisasi keuangan dan layanan bantuan hukum, dan pembukaan rekening pelajar di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Total sebanyak 12 kegiatan dan menjangkau lebih kurang 4.500 peserta,” ujarnya.

BIK adalah kegiatan terintegrasi, masif dan berkelanjutan yang merupakan kolaborasi OJK, Pemerintah Daerah, Asosiasi, SRO, dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Kegiatan dilaksanakan setiap Oktober sejak 2016 itu untuk mendukung upaya Pemerintah mencapai target inklusi keuangan 90 persen pada 2024.
BIK 2023 mengambil tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera”.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Nyatakan Perang Perburuk Situasi Ekonomi Dunia, Mendag Lutfi Bahas Pemulihan Ekonomi Kawasan Bersama Negara-Negara ASEAN

Wakil Walikota Binjai Rizky Yunanda Sitepu menyampaikan apreasiasi terhadap kegiatan tersebut.

“Besar harapan saya, kerja sama yang baik dapat terus berjalan antara pemerintah daerah, OJK, dan lembaga jasa keuangan, baik melalui berbagai kegiatan edukasi maupun melalui TPAKD dapat mempercepat program pemulihan ekonomi dan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya demi terwujudnya Kota Binjai yang lebih baik,” kata Rizky.

Puncak rangkaian kegiatan BIK 2023 diselenggarakan melalui kegiatan Pasar Keuangan Rakyat 2023 yang merupakan expo LJK terbesar di Sumatera Utara menghadirkan berbagai pameran produk dan layanan jasa keuangan, pameran UMKM binaan LJK, talkshow keuangan, serta berbagai lomba dan hiburan lainnya.

Baca Juga:  KPPU Minta Distributor Tidak Mainkan Harga Kedelai

Selama tiga hari kegiatan berlangsung, Pasar Keuangan Rakyat 2023 dihadiri sekira 5.000 pengunjung dengan total nominal transaksi sebesar Rp665 juta.

Kegiatan ini diisi berbagai rangkaian dan komponen kegiatan berupa 34 booth LJK, UMKM, dan regulator, 8 sesi talkshow produk dan layanan jasa keuangan, serta 5 kompetisi yang diikuti oleh masyarakat dan keluarga besar lembaga jasa keuangan.

Terdapat juga dukungan terhadap kesejahteraan masyarakat berupa penyerahan 7 simbolis produk keuangan oleh LJK dengan total nominal Rp1,58 miliar kepada nasabah/debitur serta penyerahan 11 simbolis CSR diberikan LJK dengan total nominal Rp2,09 miliar. (Red)

Terkait


Berita Terbaru