Home / COMMUNITY / Sebanyak Rp3M Terkumpul Untuk Donasi Palestina

Sebanyak Rp3M Terkumpul Untuk Donasi Palestina


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Forum Zakat Sumatera Utara (FOZ Sumut) melalui 14 lembaga anggota FOZ yang melaporkan berhasil menghimpun dana kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp3.036.197.912, pada Kamis (9/11/2023).

Adapun donasi terhimpun ini terdata dari 9 Oktober hingga 9 November 2023.

Ketua FOZ Sumut, Sulaiman menyebutkan, ada 14 lembaga yang termasuk dalam penghimpunan donasi kemanusiaan Palestina bersama FOZ Sumut.

“Dari 17 lembaga anggota FOZ Sumut, Sampai saat ini kita ada 14 lembaga yang ikut serta menghimpun donasi Palestina secara keseluruhan,” kata Sulaiman, Kamis (9/11/2023).

Dijelaskannya, semua lembaga yang terlibat itu menyalurkan secara masing-masing dalam bentuk bantuan yang berbeda. Ia menyebutkan contoh seperti Dompet Dhuafa Waspada yang membangun dapur umum untuk memberikan paket makanan siap saji kepada para pengungsi, pemberian sembako, obat-obatan. Kemudian ada juga bantuan 1 ton selimut bersama Kemlu RI. Begitu juga halnya yang dilakukan lembaga lain yang menyalurkan.

Baca Juga:  Program Let's Talk! Raih Indonesia Social Responsibility Awards 2014

Sulaiman mengajak masyarakat Sumatera Utara menyalurkan bantuannya melalui lembaga-lembaga yang tergabung di dalam FOZ Sumut itu.

“Kami mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk menyalurkan bantuannya melalui lembaga yang secara resmi berada dalam lingkup Forum Zakat Sumatera Utara,” tuturnya.

Empat belas lembaga yang dimaksud yakni Dompet Dhuafa Waspada, Rumah Zakat, Nurul Hayat, BSMI, Inisiatif Zakat Indonesia, Daarut Tauhid, LAZ Persis, Yatim Mandiri, Yakesma, Baitul Maal Hidayatullah, YBM BRILiaN, Rumah Yatim, PPPA Darul Quran, dan Ulil Albab.

Sekretaris Forum Zakat Sumatera Utara Abu Daud memaparkan keterlibatan banyak pihak dalam menghimpun donasi tersebut.

“Sumber donasinya berasal dari institusi pendidikan, jamaah masjid, kumpulan pengajian, serta dari komunitas atau relawan yang ada di Sumatera Utara ini,” sebutnya.

Baca Juga:  UC Gelar Fotowalk Gali Potensi

Abu Daud berharap donasi yang terhimpun mencapai Rp3M ini bermanfaat bagi rakyat Palestina.

“Kepedulian masyarakat Sumatera Utara ternyata luar biasa. Semoga apa yang kita perjuangkan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi saudara kita di Palestina,” harapnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru