Home / MEDAN TODAY / Rayakan Hari Guru, Wali Kota Medan Beri Kado Istimewa Untuk Guru di Kota Medan

Rayakan Hari Guru, Wali Kota Medan Beri Kado Istimewa Untuk Guru di Kota Medan


EDISIMEDAN.com,  MEDAN-Di moment perayaan Hari Guru Nasional tingkat kota Medan, Wali Kota Medan, Bobby Nasution memberikan kado istimewa untuk para guru di kota Medan. Kado istimewa tersebut berupa penambahan honor guru dari sebelumnya berjumlah Rp.250.000 menjadi Rp.400.000.

“Ditahun 2024 honor guru baik itu guru negeri dan juga guru swasta kita naikan menjadi Rp.400.000″kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional tingkat kota Medan di Stadion Teladan Medan, Sabtu (25/11).

Kabar gembira yang disampaikan Bobby Nasution ini langsung disambut riang gembira dan tepuk tangan oleh puluhan ribu guru yang hadir mengikuti upacara tersebut.

Ditambah lagi, Bobby Nasution juga menyampaikan agar honor guru ini dapat diberikan di setiap akhir bulan.

“Saya minta honor ini dapat disalurkan disetiap akhir bulan, bukan seperti biasanya setiap tiga bulan,”pesan Bobby Nasution.

Baca Juga:  Kota Medan Juara Umum MTQ ke-36 Tingkat Provinsi Sumut

Selain itu dalam kesempatan itu Bobby Nasution juga membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, dimana pada tahun pertama program Merdeka Belajar, Mendikbudristek menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

Mendikbudristek juga menerapkan Asesment Nasional agar semua bisa berfokus dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Dimana, lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid. Lalu di tahun berikutnya, Mendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka.

“Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu oleh para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid,” kata Bobby Nasution.

Baca Juga:  Pengurus Aliansi Media Cyber Indonesia Resmi Dikukuhkan

Dijelaskan Bobby Nasution lagi, ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

“Selanjutnya, terobosan besar lainya dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata,” jelasnya.

Terakhir,  Bobby Nasution juga mengungkapkan saat ini Pemerintah sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

“Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sebanyak 16 Pelajar Kota Medan Ikuti Program Pertukaran Pelajar Ke Gwangju

Dalam perayaan Hari Guru Nasional Tingkat Kota Medan yang turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Medan yang juga Bunda PAUD Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu M. Bobby Nasution, Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman serta pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemko Medan tersebut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution juga juga memberikan penghargaan kepada sejumlah guru terbaik diantaranya Wahyu Andriana dari PAUD Generasi Peduli Ummah Kota Medan, Anni Kholila NST dari SD Swasta Prestige Bilingual School, Rehmenda Christy dari Bharlind School Medan, dan Drs. Supri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan.(red)

Terkait


Berita Terbaru