Home / KESEHATAN / Aplikasi Mobile JKN Mempermudah Para Peserta

Aplikasi Mobile JKN Mempermudah Para Peserta


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Di era digital seperti sekarang ini terkadang mengharuskan individu untuk dapat menyesuaikan dirinya dengan segala perkembangan yang ada. Hal ini pun terjadi kepada Ester Novi Natalia (34) dan kedua anaknya yang merupakan peserta BPJS Kesehatan Non – PBI kelas tiga. Kehadiran Mobile JKN membuat ia dan keluarga mempelajari hal baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Ester menyampaikan bahwa pemindahan fasilitas Kesehatan yang ingin ia lakukan ternyata dapat diselesaikan tanpa langsung mendatangi Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Biasanya saya langsung saja datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk membantu saya menyelesaikan permasalahan saya. Namun, sekarang sudah lebih mudah dan efisien dimana peserta dapat mengatasinya sendiri tanpa ribet melalui aplikasi Mobile JKN dan tinggal menyesuaikan kebutuhan dengan fitur – fitur yang tersedia. Selain itu, saya juga mendapatkan brosur dengan informasi yang lengkap dan mudah dipahami dari BPJS Kesehatan. Ternyata setelah saya pelajari, penggunaan aplikasi ini tidaklah susah justru sangat mudah sehingga tidak memakan waktu yang lama,” jelas Ester yang ditemui oleh Tim Jamkesnews (18/12).

Baca Juga:  Rajin Bayar Iuran, Junaedi pun Tenang Terlindungi JKN

Sebagai seorang peserta, Ester menyampaikan bahwa ia dan keluarga sering sekali merasa terbantu dengan kehadiran jaminan kesehatan ini seperti Ketika Ester yang dulunya pernah beberapa kali mengalami keguguran dan harus mendapat tindakan kuret pun senantiasa bersyukur dengan adanya BPJS Kesehatan.

Dengan terjadinya keguguran, harus dilakukan kuret sedini mungkin untuk mengurangi rasa sakit dan pendarahan. BPJS Kesehatan menjamin pelayanan kuret melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada fasilitas kesehetan dengan syarat yang harus dipenuhi seperti memastikan status kepesertaan aktif dan sesuai dengan indikasi medis.

“Sebelum anak pertama, saya sudah pernah empat kali mengalami keguguran dan kuret. Semua tindakan dan masa pemulihannya, saya lakukan di fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan dan semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ketika saya melahirkan anak pertama dan kedua saya secara caesar juga menggunakan BPJS Kesehatan. Secara finansial, saya dan suami sangatlah terbantu dengan ini,” tutur Ester.
Ester yang baru – baru ini saja mengikuti suaminya yang pindah tugas ke kota lain, kembali merasa sangat berterima kasih atas diberikannya kesempatan untuk ia dan keluarganya berobat di fasilitas kesehatan baru walaupun secara data kepesertaan ia masih terdaftar di fasilitas kesehatan yang dulu.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Sampaikan Peranan Telemedicine Dalam Mendukung Hospital Monitoring

“Anak saya waktu itu terserang demam dimana temperatur tubuhnya naik turun. Saya mengira itu hal yang wajar untuk anak seusianya, akan tetapi saya juga tetap khawatir sehingga memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit terderkat.

Berdasarkan dari informasi rumah sakit, saya diberikan kesempatan sekitar tiga kali untuk dapat berobat walaupun fasilitas Kesehatan asli saya berada di kota lain. Bersyukur sekali dengan segala kemudahan dan solusi cepat tanggap yang diberikan ketika anak saya sakit sehingga langsung ditindak lanjuti dan dapat pulih untuk melanjutkan aktivitas seperti biasanya,” jelas Ester.
Hidup di daerah baru dengan segala kemungkinan yang tidak dapat diprediksi membuat Ester terkadang was – was akan kesehatan keluarganya.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi Dokter Gigi Lewat Medan Dentistry 2023

Sehinga ia berharap agar BPJS Kesehatan dapat selalu mencerminkan kebutuhan akan perlindungan kesehatan untuk mengatasi ketidakpastian dan menjaga keaman keluarganya di masa yang akan datang. “Sudah berbelasan tahun saya menjadi pengguna BPJS Kesehatan dan selalu merasa seprti ada yang menjaga saya baik secara langsung maupun tidak langsung. Hadirnya BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia juga sangat membantu para peserta yang tinggalnya tidak menetap lama disuatu daerah sehinga bantuan tersebut merata untuk seluruh masyarakat,” tutup Ester.(red)

Terkait


Berita Terbaru