Home / KESEHATAN / Aman dan Tenang Jika Kartu KIS sudah di Tangan

Aman dan Tenang Jika Kartu KIS sudah di Tangan


EDISIMEDAN.com,  MEDAN-Pemerintah terus berupaya memberikan akses layanan kesehatan secara gratis kepada rakyatnya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk meringankan biaya pengobatan yang harus ditanggung masyarakat.

Kebermanfaatan Program JKN telah benar-benar dirasakan oleh Ristauli Simamora, salah satu warga Kota Medan yang tinggal di daerah Marelan. Ditemui saat mengurus kepesertaannya, Ibu 3 orang anak yang sehari-harinya berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini membagikan pengalamannya menjadi peserta JKN kepada Tim Jamkesnews, selasa (19/12).

Ia membagikan pengalamannya saat menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk berobat. Diketahui Ristauli acap kali menggunakan KIS untuk layanan kesehatan yang diterimanya. Memiliki 3 orang anak, semuanya ia lahirkan dengan JKN sebagai penjaminnya dan tak pernah ada kendala yang dihadapinya.

“Saya sudah 3 kali melahirkan pake BPJS Kesehatan ini. Semuanya di rumah sakit yang berbeda. Bersyukur kali lah saya, bayangkan saja sekarang untuk rawat inap saja satu malam sudah jutaan. Jadi terbantu kali lah dengan adanya BPJS Kesehatan ini. Semua proses pengobatan yang saya lalui itu, benar-benar gratis,” kata Ristauli.

Baca Juga:  Waspada Corona, Satu Warga Binjai Dilarikan ke Adam Malik

Selama dirawat ketika melahirkan di rumah sakit, Ristauli tidak menghadapi kendala baik dari proses pelayanan kesehatan maupun administrasi, semua berjalan lancar. Bahkan, ia merasakan pelayanan yang baik dan memuaskan.

“Saya rasakan sendiri selama dirawat saya tidak merasa berbeda dengan pasien lainnya. Semua dokter dan perawatnya tanggap dan saya keluar rumah sakit dengan perasaan puas,” tambahnya.

 

Ia menambahkan, Masyarakat sangat diuntungkan ketika terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan. Peserta JKN bisa menghemat pengeluaran ketika sakit. Tidak ada yang tahu kapan sakit akan datang dan menyerang, untuk itu menjaga kesehatan menjadi hal yang juga tidak kalah penting.

Baca Juga:  Diduga Diracun, Induk Gajah Ditemukan Mati di Perkebunan

“Ini pengalaman keluarga kami sendiri ya, kakak saya itu la sok sok an sekali. Tidak mau di pakai nya BPJS nya waktu sakit anaknya. Jadinya waktu anaknya kejang terpaksa harus mengeluarkan uang yang jumlahnya banyak. Setelah saya jelaskan alur dan prosedurnya, disitu baru dia menyesal.” tambah Ristauli.

Ristauli mengaku, tanpa BPJS Kesehatan, ia akan kesulitan dalam membayar pengobatan di rumah sakit, karena biayanya yang tidak sedikit. Ditambah lagi, ia tidak hanya sekali memiliki pengalaman dirawat di rumah sakit.

Ristauli bercerita, tidak hanya dirinya yang pernah berobat dengan KIS tetapi juga buah hatinya. Ia bercerita bahwa kedua anaknya pernah di opname selama beberapa hari karena terkena muntaber. Dari situ, ia semakin yakin dengan layanan yang diberikan oleh program JKN yang di Kelola oleh BPJS Kesehatan ini.

“Saya sendiri merasa aman sekarang, karena jika terjadi sesuatu seperti penyakit bisa segera ditangi hanya dengan memiliki kartu KIS ini saja.” ucapnya tersenyum.

Baca Juga:  Sejak Diluncurkan Desember 2022, 3.944 Masyarakat Telah Menerima Layanan JKMB di 43 RS Di Kota Medan

Dari pengalaman pribadinya ini, Ristauli semakin menyadari betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan dalam kondisi apapun, baik dalam kondisi sehat, apalagi sakit. Menurutnya, terdaftar sebagai peserta program JKN juga menjadi bentuk persiapan penting yang harus dilakukan masyarakat.

“Kalau sudah punya KIS, hati terasa lebih tenang,” imbuhnya.

Ia berharap, masyarakat lain dapat menyadari hal tersebut dan tidak menunggu waktu sakit untuk mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan. Memiliki jaminan kesehatan sangat penting karena bisa mengurangi pengeluaran saat anggota keluarga sakit, terutama bagi kalangan menengah ke bawah.

Ristauli juga menyampaikan harapannya kepada BPJS Kesehatan melalui Program JKN agar semakin berinovasi dan terus memberikan layanan terbaik, serta mempermudah segala pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. (red)

Terkait


Berita Terbaru