Home / KESEHATAN / Mulai Januari 2024, BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Kota Medan

Mulai Januari 2024, BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Kota Medan


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Sebagai wujud dalam menghadirkan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Kota Medan, Pemerintah Kota Medan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang diresmikan langsung oleh Walikota Medan, M. Bobby Afif Nasution pada Kamis (25/01). Inovasi melalui MPP ini dianggap lebih progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, perizinan dan non perizinan dalam satu gedung.

Dalam keempatan tersebut, Bobby mengatakan kehadiran MPP merupakan salah satu weujud nyata Pemerintah Kota Medan untuk merealisasikan salah satu misi yang telah ditetapkan yaitu kota yang bersih melalui penciptaan publik yang prima, melalui birokrasi yang bersih profesional dan akuntabel dan juga mewujudkan visi pembangunan kota medan yaitu terwujudnya masyarakat yang berkah, maju dan kondusif.

“Mall Pelayanan Publik ini kita buat untuk memberikan pelayanan yang optimal, yang maksimal, dan transparan yang mendekatkan kepada masyarakat. Sehingga jika masyarakat ingin mengurus sesuatu baik dalam pengurusan seperti izin atau urusan yang lainnya cukup dalam satu tempat. Mungkin contohnya harus ke Polres, harus ke Imigrasi, BPJS Kesehatan, sudah ada satu tempat jadi ga perlu kesana kesini. Waktunya bisa efisien dan sangat memudahkan Masyarakat,” ujar Bobby.

Baca Juga:  Akses Pelayanan, Seluruh Anggota Keluarga Diana Dibantu Program JKN

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Nurbaiti Harahap dalam laporannya mengapresiasi dukungan dari Walikota Medan yang berhasil mewujudkan Mall Pelayanan Publik di Kota Medan.

“Pembentukan Mall Pelayanan Publik telah di atur dalam Peraturan Presiden No 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Peraturan Mentri PANRB No 92 Tahun 2021 tentang petunjuk teknis penyelenggara MPP. Walikota dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Kota Medan telah melakukan kordinasi dengan berbagi pihak sejak tahun 2022 untuk merealisasikan terwujudnya MPP yang bisa mengitegrasi pelayanan publik yang diberikan oleh kementrian, lembaga pemerintah provinsi dan kabupaten kota, BUMN, BUMD, serta swasta secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, jangkauan, keamanan, dan kenyamanan pelayanan.” ucap Nurbaiti.

Baca Juga:  Kehadiran Program JKN yang Berkesan Bagi Fia dan Ayahnya

Tak hanya itu, Nurbaiti juga menambahkan bahwa MPP juga merupakan perwujudan komitimen percepatan pelayanan, akurasi pelayanan, dan fleksibilitas kerja yang diharapkan memberikan penyelenggaraan pelayanan publik yang modern dan menghilangkan hambatan birokrasi daripada sektor ekonomi. Kemudahan pelayanan perizinan usaha akan meningkatkan minat usaha karena kemudahan perizinan, dampaknya daya saing kota medan meningkat dan mendorong perputaran ekonomi yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Selaras dengan komitmen yang ditunjukkan Pemerintah Kota Medan, Pejabat Pengganti Sementara (Pps.) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Supriyanto Syaputra menyebut dalam memberikan pelayanan publik yang cepat dan mudah aksesnya, BPJS Kesehatan Cabang Medan siap memberikan layanan yang terbaik.

“Per 1 Maret 2023, sebesar 2.434.358 jiwa dari 2.527.050 jiwa atau 96,33 persen dari total jumlah penduduk Kota Medan telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan banyaknya jumlah peserta, BPJS Kesehatan Medan terus mencoba memberikan kemudahan bagi Masyarakat untuk bisa mengakses layanan kepesertaan BPJS Kesehatan salah satunya dengan hadir di loket 33 pada MPP ini setiap Senin – Jumat, pukul 08.00-17.00 wib.” Ujar Supriyanto.

Baca Juga:  Kisah Erlita yang Tidak Pernah Merasa Dikecewakan oleh BPJS Kesehatan

Ia mengatakan, dalam keikutsertaannya di MPP tersebut, BPJS Kesehatan memberikan beberapa layanan seperti pelayanan pendaftaran peserta, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data kepesertaan, panduan registrasi dan pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN dan pemberian informasi.
Ditambah lagi, BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan bernama Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) dengan menggunakan nomor Whatsapp yakni 08118165165 dan aplikasi Mobile JKN yang dapat di unduh pada aplikasi playstore sehingga masyarakat semakin dimudahkan, tidak perlu repot-repot ke kantor untuk mendaftar menjadi peserta. (Red)

Terkait


Berita Terbaru