Home / PENDIDIKAN / UIN Sumut Terima Hibah Buku Dari Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia

UIN Sumut Terima Hibah Buku Dari Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) menerima hibah buku dari Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia. Melalui Program hibah buku untuk perpustakaan itu UIN Sumut menerima 1 kontainer buku berbahasa arab seberat 4800 kg.

“Alhamdulillah kita berkumpul disini dalam rangka menerima hibah dari Kedutaan Saudi Arabia di Jakarta. Ini merupakan kerjasama yang luar biasa berawal dari November lalu, kita dan tim disambut dengan baik. Kami sangat berterimakasih telah diberikan hibah buku. Kita ini satu dari perguruan tinggi dibawah Kemenag yang menerima hibah buku yakni UIN Makassar, UIN Sumut,” kata Rektor UIN Sumut, Medan, Prof. Dr . Nurhayati, M.Ag pada giat penyerahan buku hibah Saudi Arabia ke Perpustakaan secara simbolis di Gedung Perpustakaan UIN Sumut, Medan pada Senin (12/2).

Buku- buku hibah Saudi Arabia itu katanya hanya akan bisa dibaca di perpustakaan UIN William Iskandar.

Baca Juga:  Cegah Ada Anak Yang Putus Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Perbolehkan Peserta Didik Dari Sekolah Swasta Pindah Ke Sekolah Negeri

“Kita ada 2 perpustakaan yaitu perpustakaan UIN William Iskandar dan perpustakaan di UIN Tuntungan. Karena bukunya berbahasa arab, buku itu akan ditempatkan di UIN William Iskandar karena banyak fakultas agama. Kita ingin hibah ini bermanfaat, karena kalau tidak ada yang membaca artinya itu sesuatu yang tidak berguna jadi buku ini tidak kita sebarkan ke fakultas-fakultas. Jadi jika ada mahasiswa yang ingin membacanya silahkan datang ke perpustakaan induk,’ tegas Rektor.

 

Rektor menyebutkan bahwa Kedutaan Saudi Arabia sudah sangat dekat dengan UIN, di tahun 2014 UIN juga sudah memberikan hibah Pusat Bahasa.

Hadir juga pada penyerahan buku hibah itu yakni Prof. Dr. H. Katimin, M.A (Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan), Prof. Dr. H. Muzakkir, M.Ag ( Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga), Dr. Ali Akbar, S.Ag., M.Ag
(Kepala Pusat Layanan Timur Tengah), dan Hildayati Raudah Hutasoit, S. Sos (Kepala Perpustakaan) serta para pustakawan dan para Dekan.

Baca Juga:  Sah!, Menag Lantik Prof Dr Nurhayati MA, Rektor UINSU 2023-2027

Kepala perpustakaan, Hildayati Raudah Hutasoit, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kedutaan Saudi Arabia. Ia juga menyampaikan rasa syukurnya mendapat hibah buku karena dapat menambah koleksi buku berbahasa Arab.

“Saya berharap bertambahnya koleksi buku berbahasa Arab ini dapat bermanfaat sehingga memberi khazanah pengetahuan bagi civitas akademika UIN. Selain itu juga dengan ini dapat mendukung akreditasi dan program studi,” paparnya.

Ketua Pusat kajian Timur Tengah, Dr Dr. Ali Akbar, S.Ag., M.Ag pada laporannya mendapatkan buku hibah ini memiliki kronologis yang panjang. Diceritakannya kedatangan buku itu dari Ryad ke Jeddah kemudian berlayar ke Jakarta, Tanjung Priok lalu berlabuh di Meda, katanya bukanlah suatu kebetulan. Namun sebutnya Itu dilakukan dengan usaha (jemput bola). Untuk itu ia berharap buku hibah itu dapat bermanfaat bagi UIN.

Baca Juga:  Alfamidi Gelar Kompetisi Online Di Nias

Pada kesempatan itu, pihak UIN mengucapkan terimakasih kepada Dubes Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia di Jakarta H.E Mr. Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Wakil Duta Besar H.E Mr. Mushari Mutlaq M. Althiyabi, Syeikh Saleh Bin Abdul Aziz Al Syeikh Menteri Negara dan anggota Dewan Menteri, Dr. Abdul Aziz bin Abdullah Al-Ammar, mantan Wakil Menteri Urusan Islam dan mantan Direktur LIPIA di Jakarta, Dr. Ibrahim Bin Sulaiman Annughaimsyi, mantan Atase Agama Kedubes Saudi Arabia di Jakarta.(red)

Terkait


Berita Terbaru