Home / NEWS / Banjir Masih Genangi 38 Ruas Jalan, BPBD DKI Jakarta Kerahkan Personel dan Siagakan Perahu Karet

Banjir Masih Genangi 38 Ruas Jalan, BPBD DKI Jakarta Kerahkan Personel dan Siagakan Perahu Karet


EDISIMEDAN.com,JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menerjunkan tim gabungan untuk merespon banjir yang menggenang di sejumlah titik di DKI Jakarta, sejak Kamis (29/2) pagi.

Berdasarkan data hingga pukul 13.00 WIB BPBD DKI Jakarta mencatat ada 38 ruas jalan dan delapan RT yang tergenang dengan ketinggian mulai dari 10 sentimeter hingga 120 sentimeter. Adapun lokasi dengan genangan tertinggi berada di kawasan permukiman warga di Kelurahan Rawa Terate, Jakarta Timur setinggi 120 sentimeter.

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan, kendati genangan tertinggi ada di permukiman warga namun mayoritas lokasi yang tergenang berada di jalan.

Baca Juga:  Diperiksa Sejak Senin, 15 Anggota DPRD Sumut Kembalikan Uang Suap Gatot

“Siang ini masih terjadi genangan dan kami sedang menerjunkan personel ke lokasi. Hujannya saat ini berfokus di utara Jakarta dan sebagian wilayah utara Jakarta Timur. Di Rawa Terate paling tinggi 120 cm, kita sudah berkoordinasi dengan Ditpolairud (Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara) untuk menyiagakan perahu karet di sana tapi belum ada evakuasi tapi personel sudah _stand by_,” kata Michael saat dihubungi, Kamis (29/2).

Michael melanjutkan, untuk menangani banjir tersebut BPBD DKI Jakarta telah menerjunkan personel ke lokasi bersama perangkat daerah lainnya. Pihaknya juga mengerahkan pompa air bergerak _(mobile pump)_ untuk melakukan penyedotan di lokasi tergenang dan memastikan tali-tali air di lingkungan dan jalan berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Sore Ini, DPR-Pemerintah Putuskan Besaran BPIH 2015

“Merujuk laporan BMKG juga memang mayoritas banjir sebagian besar karena dipicu curah hujan yang tinggi, dini hari tadi berdasarkan laporan BMKG tergolong hujan ekstrem dengan intensitas 157,4 milimeter per hari. Kami ingin memastikan genangan cepa surut dan tidak ada sumbatan di pintu-pintu air,” pungkas Michael. (red)

Terkait


Berita Terbaru