Home / BISNIS / Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Sumatera Untuk Indonesia Maju

Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Sumatera Untuk Indonesia Maju


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Pimpinan IGP. Wira Kusuma Kembali Selenggarakan Kegiatan 5th Sumatranomics 2024, berlangsung pada Rabu (06/03/2024), untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Sumatera untuk Indonesia Maju

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara kembali meluncurkan kegiatan 5th SUMATRANOMICS 2024, sebuah ajang kompetisi penulisan karya ilmiah (call for paper) yang bertujuan untuk mendorong inovasi kebijakan dan strategi yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi Sumatera.

Kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Medan, dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (BAPELITBANG) Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan 5th SUMATRANOMICS 2024 tema, “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Sumatera untuk Indonesia Maju” sebagai fokus dari kompetisi call for paper kelima yang diselenggarakan sejak tahun 2020.

Terdapat 5 (lima) pilihan topik dari pengejawantahan tema: (1) Bauran kebijakan moneter-fiskal guna mendorong perekonomian daerah/regional (2) Kebijakan stabilitas sistem keuangan guna menjaga stabilitas makro, (3) Peran Hilirisasi Pangan dalam Perekonomian dan Pengendalian Inflasi, (4) Kebijakan Perdagangan & investasi daerah dalam mendukung perekonomian, serta (5) Transformasi sektor riil dan digitalisasi ekonomi.

Baca Juga:  Gelar FGD, KPPU Kanwil I Bahas HET Beras di Sumut

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Launching 5th SUMATRANOMICS 2024 dilakukan secara virtual dan melalui pemanfaatan teknologi digital untuk dapat meningkatkan awareness seluruh masyarakat dari penjuru Sumatera bahkan Indonesia, jelas IGB. Wira Kusuma.

Launching 5th SUMATRANOMICS 2024 diawali dengan panel diskusi bersama Bapak IGP Wira Kusuma dan Bapak Yura Djalins, yang membahas dinamika perekonomian nasional dan secara khusus wilayah Sumatera, termasuk tantangan, peluang, serta peran Sumatranomics dalam mendukung perumusan maupun sinergi kebijakan di daerah.

Melalui panel diskusi juga disampaikan memasuki tahun kelima penyelenggaraan, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara terus meningkatkan kualitas kompetisi call for paper SUMATRANOMICS.
Dalam rangka memperluas sosialisasi kegiatan, juga dilakukan sejumlah kebaruan diantaranya campus tour di beberapa universitas di Sumatera serta podcast dan konten media sosial yang inspiratif di akun instagram @sumatranomics dan kanal Youtube Bank Indonesia Sumut.

Baca Juga:  Pertamina dan Polda Sumatera Utara Tanda Tangani Kesepakatan Penyediaan BBM dan Pelumas Tahun 2023

Selanjutnya, dimulainya seluruh rangkaian Call for Paper 5th SUMATRANOMICS 2024 ditandai dengan virtual ceremony oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Bapak IGP Wira Kusuma, Ph.D, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Bapak Yura Djalins dan Bapak Suharman Tabrani, Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Bapak Iman Gunadi, Phd, Ketua ISEI, Bapak Dr. Fadli, S.E., M.Si. Serta Ketua Bappelitbang yang diwakilkan oleh Prof. Dr. Ir. Darma Bakti, M.S.

Antusiasme peserta jelas acara, dengan adanya sesi tanya jawab yang diadakan melalui direct message di akun Instagram Sumatranomics.

Baca Juga:  Ekonomi Sumut Meningkat, Lapangan Kerja dan Ketimpangan Gender Membaik

Tidak luput pula, terdapat sesi penyampaian kesan, pesan serta harapan dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi yakni Bapak Warsono, Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu Bapak Darjana serta Kepala Perwakilan Provinsi Lampung Bapak Junanto Herdiawan.

Kegiatan 5th SUMATRANOMICS 2024, dihadiri kurang lebih 500 tamu undangan secara online dari berbagai instansi, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Pemeriksa Keuangan, Kepala Departemen Kantor Pusat Bank Indonesia, KPw Bank Indonesia se Indonesia, Pimpinan instansi vertikal, BUMN, Perbankan, rektor dan pimpinan Perguruan Tinggi. Dari wilayah lain Sumatera di Indonesia yang hadir secara virtual. (red)

Terkait


Berita Terbaru