Home / KESEHATAN / Berkat Program JKN, Della Lalui Kelahiran Anak Pertamanya Dengan Berkesan

Berkat Program JKN, Della Lalui Kelahiran Anak Pertamanya Dengan Berkesan


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Egie Della Prescillia (27) yang kerap dipanggil Della, seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang tidak lama ini telah menjadi seorang ibu baru saja mengungkapkan rasa syukurnya. Dirinya masih mengingat jelas momen saat memasuki rumah sakit dengan penuh rasa gugup dan khawatir. Namun, keberadaan Program JKN cukup memberinya rasa lega yang besar karena ia yakin bahwa prosedur melahirkan anaknya akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Ditemui di kediamannya, pada Rabu (08/05), Della menyampaikan bahwa kondisi bayinya yang sungsang, yaitu posisi kaki bayi berada di bawah yang dapat menyulitkan proses persalinan secara normal. Selain itu, jalan lahir atau panggul yang sempit dialami oleh Della membuat bayi mungkin tidak dapat melalui jalan lahir dengan aman. Della segera mencari bantuan dari rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan terjangkau.

Baca Juga:  Kehamilan Tidak Direncanakan? Tenang saja, Ada Program JKN

“Setelah melewati pertimbangan yang panjang bersama suami dan juga arahan dari dokter, saya memutuskan untuk operasi saja karena ternyata kalau dipaksakan untuk normal maka akan terjadi risiko dan juga komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan saya dan juga anak saya. Apalagi ini anak pertama yang membuat saya pastinya ingin yang terbaik untuk dia,” ujar Della.

Dengan mempertimbangkan kedua situasi tersebut, operasi caesar adalah solusi yang aman dan terkendali untuk melahirkan bayi dengan risiko komplikasi yang lebih minim bagi bayi dalam kandungan yang berada pada posisi sungsang atau jalan lahir yang sempit. Meskipun operasi caesar membutuhkan biaya yang lebih besar, Della tidak khawatir karena ia sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN yang akan menjamin seluruh biaya pelayanan yang nanti diterimanya.
“Selama saya dirawat di Rumah Sakit Hermina Medan saya selalu disambut dan dirawat oleh tim medis yang ramah dan terampil. Mereka menjelaskan setiap langkah prosedur dengan baik dan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk saya pulih Kembali. Dengan ini saya merasa tenang karena tahu bahwa saya dan bayi dalam perawatan yang baik,” jelas Della.

Baca Juga:  PDUI Sumut Gelar Pelatihan GELS, Rudi Sambas: Dokter Umum Harus Tangguh di IGD,Klinik,Puskesmas, Dan Rumah Sakit Dimana pun

Meskipun proses operasi caesar mungkin menakutkan bagi sebagian orang, Della merasa tenang karena dia didukung dan dibantu sepenuhnya oleh Program JKN dan juga rumah sakit tempat ia dirawat. Setelah persalinan, Della merasa sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan atas jaminan biaya pelayanan kesehatan yang ia terima. Tanpa bantuan tersebut, biaya operasi caesar dan perawatan medis yang diperlukan mungkin akan menjadi beban yang sangat besar bagi keluarganya dalam momen yang penuh makna tersebut.
“Saya juga mau mengapresiasi terkait fasilitas yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan rumah sakit tempat saya dirawat. Walaupun saya adalah peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) kelas tiga, akan tetapi fasilitas dan pelayanan yang diberikan sudah sangatlah baik. Menurut saya, mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan fasilitas yang memadai adalah hal yang penting bagi semua orang yang BPJS Kesehatan menjadi sangat berguna untuk saya,” terang Della.
Kemudian, kedepannya Della berharap dapat terus mendapatkan dukungan dari Program JKN untuk memastikan kesehatan dirinya dan bayinya tetap terjaga. Dia berharap agar Program JKN terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, termasuk akses yang lebih mudah dan lebih luas ke layanan kesehatan yang berkualitas.

Baca Juga:  Beberapa Faktor Penyebab Kecantikan Payudara Berkurang

“Semoga program dari BPJS Kesehatan terus berlanjut dan terus meningkat, sehingga lebih banyak lagi individu seperti saya yang dapat merasa tenang dan terjamin akan kesehatan terkhususnya keluarga,” tutup Della.(red)

Terkait


Berita Terbaru