Home / BISNIS / KPPU dan Akademisi Kalbar Bersatu Wujudkan Ekonomi Berkeadilan lewat Sejuta Penyuluh UMKM

KPPU dan Akademisi Kalbar Bersatu Wujudkan Ekonomi Berkeadilan lewat Sejuta Penyuluh UMKM


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Setelah mendapat dukungan dari Wakil Presiden RI, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) antusias mencapai target Sejuta Penyuluh Kemitraan UMKM pada 2029.

KPPU berhasil menggaet sekitar 500 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Kalimantan Barat (Kalbar) untuk siap bergabung menjadi Penyuluh Kemitraan UMKM di KPPU.

“Melalui program ini, diharapkan pengawasan kemitraan UMKM dapat berjalan lebih baik dalam menjangkau persoalan kemitraan yang ada,” kata Ketua KPPU, M Fanshurullah Asa dalam keterangan tertulis Rabu (22/5/2024).

Sebagai informasi, program Sejuta Penyuluh Kemitraan UMKM menjadi prioritas baru di KPPU mengingat masih terbatasnya kemampuan KPPU dalam menjangkau persoalan kemitraan yang ada.

Baca Juga:  Kemendag Perketat Pengawasan Aset Kripto

Terbukti selama lima tahun belakangan, baru 59 persoalan kemitraan yang bisa ditangani KPPU.

Untuk lebih efektif, strategi KPPU adalah melibatkan dunia akademisi dan masyarakat (civil society) dalam menjadi perpanjangan tangan atau sistem pendukung (supporting system) KPPU dalam mengawasi kemitraan yang ada.

Sebagai langkah nyata, Ketua KPPU mendatangi Pontianak dan bekerja sama dengan Universitas Tanjungpura dalam memulai pelaksanaan program tersebut.

“Ide satu juta Penyuluh Kemitraan UMKM yang diinisiasi oleh KPPU, diledakkan di Universitas Tanjungpura dengan mengundang hampir 500 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta,” katanya.

Antusiasnya sekitar 500 mahasiswa untuk bergabung sebagai Penyuluh Kemitraan UMKM tersebut diangkat dalam kegiatan kuliah umum yang bertajuk “Tugas dan Fungsi KPPU dalam Persaingan Usaha dan Pengawasan Kemitraan untuk Ekonomi Berkeadilan”.

Baca Juga:  KPPU Ajak Pelaku Usaha Ikuti Program Kepatuhan Persaingan Usaha

Kegiatan digelar pada Selasa (21/5/2024) di Auditorium Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko, Anggota KPPU Budi Joyo Santoso, Ketua Pengelola Rusunawa Asrama Karakter dan Kewirausahaan Universitas Tanjungpura Muhammad Fahmi, Pengelola Galeri Hasil Hutan Kalbar Karsono Rumawadi, dan Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU, M Zulfirmansyah.

Universitas Tanjungpura menyatakan siap mendukung KPPU dalam program tersebut.

Rektor universitas tersebut, Prof Garuda Wiko berharap para mahasiswa dapat menjadi supporting system bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KPPU.

Hal itu menurutnya agar tugas dan fungsi yang diamanatkan kepada KPPU dapat berjalan dengan baik. (red)

Terkait


Berita Terbaru