Home / MEDAN TODAY / PUD Pasar Medan-Bank Sumut Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Digital dan Kendalikan Inflasi

PUD Pasar Medan-Bank Sumut Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Digital dan Kendalikan Inflasi


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Pasar Medan dan Bank Sumut sepakat untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mengembangkan ekosistem digital di pasar tradisional. Tak hanya itu, kolaborasi juga mencakup dalam pengendalian inflasi di Kota Medan.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama PUD Pasar Medan dengan Bank Sumut di kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat (31/5/2024). Penandatanganan ini dilakukan oleh Dirut PUD Pasar Medan Suwarno dengan Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Syafrizalsyah.

Pada penandatangan itu, Suwarno didampingi jajaran direksi PUD Pasar Medan lainnya antara lain Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi. Sementara Syafrizalsyah terlihat didampingi Pemimpin Bank Sumut Cabang Kordinator Medan M. Ricky Budiman, Pls Pemimpin Dividi Dana dan Jasa Rini Maulisa, Pls Pemimpin Divisi Ritel Wahyudi Kelana. Tampak pula hadir pada penandatangan tersebut jajaran PUD Pasar Medan antara lain Kabag Hukum dan Humas Fahrul Rozi, Kepala SPI Zulfadli, Kabag Perencanaan Juheri, Kepala Cabang I Agus Syahputra, Kepala Cabang II Budi F Putra dan para Kepala Subbag.

Baca Juga:  Datangi Pasar Sentosa Baru, Dirut Pantau Ketersediaan Pasokan dan Keterjangkauan Harga Kebutuhan Pokok

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno mengapresiasu atas kerja sama ini. Adanya dukungan Bank Sumut ke PUD Pasar Medan untuk pengendalian inflasi, tentu sangat membantu. Nantinya armada tersebut dipakai untuk menambah jumlah kendaraan Pasar Murah Keliling. “Ini sangat membantu pelaksanaan pasar murah keliling. Karena akan menambah jangkauan kami dalam melayani masyarakat. Sebab masyarakat kepengennya itu durasi singgah Pasar Murah Keliling bisa ditambah,” ungkap Suwarno.

Lanjut dikatakan Suwarno, kerja sama ini diharapkan pula bisa menumbuhkembangkan ekosistem digital. Suwarno berharap antara PUD Pasar dan Bank Sumut bisa berkolaborasi untuk mengedukasi dan sosialisasi pedagang mengenai keuntungan menggunakan sistem digital. “Seperti kita ketahui, salah satu arahan Bapak Wali Kota agar mulai beradaptasi dengan program digital. Semoga kedepan kolaborasi kita makin solid untuk menciptakan digitalisasi di pasar,” tutup Suwaro.

Baca Juga:  Jelang Pengoperasioanal Pasar Aksara, Pengembalian Dana ke Pedagang Dipastikan Transparan

Sementara itu, dalam sambutannya, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Syafrizalsyah menyambut baik penandatanganan tentang pengelolaan dana operasional, penerimaan pembayaran kontribusi pasar, dan fasilitas layanan perbankan lainnya di kantor Bank Sumut. Kolaborasi dan sinergi ini, kata Syafrizal, diharap dapat berkontribusi bagi kedua belah pihak dalam memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan.

“Secara umum Bank Sumut dan PUD Pasar merupakan perusahaan daerah. Karena itu Bank Sumut mendukung PUD Pasar agar dapat memberikan kontribusi yang lebih lagi bagi PAD Kota Medan,” ujarnya.

Selain itu, Bank Sumut juga mendukung PUD Pasar Medan dalam pengendalian inflasi. Salah satunya dengan cara memberikan fasilitas berupa armada mobil kepada PUD Pasar. Untuk mendukung kegiatan administrasi lainnya, Bank Sumut turut pula memberikan unit komputer.

Baca Juga:  Hingga Akhir Tahun, Bulog Sumut Pastikan Stok Beras Aman

Pemberian armada mobil, sebut Syafrizal, supaya PUD Pasar Medan dapat lebih menjangkau dan menyentuh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sembako. Syafrizal berharap kedepan di kalangan pedagang pasar-pasar tradisional, semakin tumbuh mempergunakan fasilitas transaksi perbankan di Bank Sumut. “Dengan begitu, ekosistem digitalisasi di pasar semakin luas. Misalnya seperti penggunaan QRIS dan fasilitas transaksi lainnya,” ujarnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru