Home / BISNISNEWS / Diikuti Ratusan Peserta, Pertamina Gelar Pertamina UMK Academy 2024

Diikuti Ratusan Peserta, Pertamina Gelar Pertamina UMK Academy 2024


EDISIMEDAN.com,  MEDAN– Dalam mendukung pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) menjadi penggerak ekonomi nasional, PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggelar kick-off Pertamina UMK Academy 2024 secara daring. Kegiatan ini diikuti sebanyak 290 UMK dari lima provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, pihaknya kembali menggelar Pertamina UMK Academy untuk menjaring dan mencetak UMK-UMK sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan bisa naik kelas lebih cepat.

“UMK Academy yang dilakukan Pertamina ini sudah berjalan kurang lebih lima tahun, dimulai dari tahun 2020. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta Pertamina UMK Academy 2024 ini semakin berkembang dan bisa naik kelas,” ujar
Satria saat membuka acara kick-off Pertamina UMK Academy 2024 pada Rabu, (5/6).

Baca Juga:  Pertamina Hadirkan Promo Payday di Pertashop Desa Situmbaga

Dengan mengambil tema Beri Energi Baru Menuju UMK Maju, Pertamina melalui Pertamina UMK Academy 2024 berkomitmen mendukung pengembangan UMK yang berkelanjutan sehingga dapat membantu pemberdayaan UMK secara optimal. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Ia menjelaskan, program ini melibatkan para ahli dibidangnya, terdapat kelas go modern, go digital, go online, go global. Praktiknya muatan program terdiri dari pelatihan, pendampingan usaha dan sertifikasi.
Usai mengikuti seluruh tahapan program, UMK bisa memanfaatkan teori dan praktik yang didapatkan demi menunjang kemajuan usaha. Kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kemampuan, kemandirian UMK agar dapat bersaing tidak hanya di pasar lokal tapi juga global.

Baca Juga:  Unimed Budidaya Jamur Tiram

“Jadi akan ada lebih kurang tujuh pertemuan dan para UMK bisa mengikutinya secara online dan hybrid. Dari 290 UMK yang mengikuti kegiatan ini, nantinya akan dipilih lima UMK terbaik dan menjadi perwakilan Sumbagut dan akan mengikuti skala nasional,” kata Satria.

Sementara itu, salah satu peserta Pertamina UMK Academy 2024 sekaligus pemilik usaha makanan dan minuman (food and beverage) asal Deli Serdang, Anita mengatakan, ia sangat senang dan antusias untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan yang akan dilaksanakan oleh Pertamina.

“Saya senang bisa terpilih menjadi peserta Pertamina UMK Academy 2024 karena nantinya kami akan mendapat pelatihan dan pendampingan. Saya juga berharap dengan mengikuti kegiatan ini, usaha saya semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Semoga usaha saya juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi ekonomi lokal dan nasional,” jelas Anita.

Baca Juga:  Kakak dan Adik Hilang Diduga Diculik

Berlangsung selama lima sampai enam bulan dengan beberapa macam aktivitas pembinaan dan pelatihan Pertamina UMK Academy akan dilakukan secara hybrid. Selanjutnya, peserta yang terjaring akan menuntaskan program sampai Desember 2024. (red)

 

Terkait


Berita Terbaru