Home / OLAHRAGA / Untuk Keselamatan Pelari, BMPD Medan Run 5K Bekerjasama dengan 7 RS

Untuk Keselamatan Pelari, BMPD Medan Run 5K Bekerjasama dengan 7 RS


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Sebanyak 2399 pelari telah mendaftarkan diri sebagai peserta di ajang lomba lari BMPD Medan Run 5K dan 10K yang digelar Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Hingga siang ini sudah 2399 pelari sudah mendaftar untuk ikut lomba lari 5K dan 10K di ajang Medan Run 2024. Dimana lomba lari tersebut akan digelar pada tanggal 7 Juli 2024 nanti, “terang Ketua BMPD Medan Run 2024, Andrianta Tarigan pada saat Bincang Bareng Media (BBM) bersama sejumlah awak media di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut di Jalan Balai Kota, Kota Medan, Provinsi Sumut, Kamis (20/06/2024) tadi siang.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menjelaskan kalau BMPD Medan Run juga telah mendapatkan restu dan dukungan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Baca Juga:  Juda Agung dan Aida S Budiman Siap Hadapi Tantangan Ekonomi Kedepan

“Saya sudah bertemu dengan Ketua PASI Sumut beliau menyambut baik event ini karena mereka sadar bahwa Sumut khsususnya kota Medan butuh event sebagai wadah pelari-pelari yang selama ini tidak terlihat. Dan juga sebagai ladang mencari bibit bibit atlet lari. Pada kegiatan ini kita juga fokus pada keselamatan pelari juga, kita siapkan 7 tenda medis sepanjang area start hingga finish dan ambulan 7 unit dengan pembagian di area start ada 2 ambulan selebihnya berada di jalur -jalur yang akan pelari lewati,” katanya.

Disebutkan lagi akan ada 2 tim medis di setiap tenda dan ada 1 penanggung jawab medis selama event itu berlangsung.

Sebagai tambahan keamanan pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa RS MISALNYA RS Colombia Asia,Siloam, RS Malahayati, RS Santa Elizabeth, Murni Teguh, Putri Hijau dan RS Sarah Serta RS Mitra Medika.

Baca Juga:  BI7DRR Naik 25 BPS Menjadi 5,7 Persen

“Kerjasama ini kita lakukan jika ada kemungkinan pelari butuh untuk segera dibawa kerumah sakit, 7 rumah sakit itu sudah bersedia untuk menerima pelari tersebut untuk.mendapatkan pelayanan medis,” jelasnya.

Selain itu ia menyebutkan untuk keselamatan pelari mereka juga menyiapkan water station, disana pelari akan mendapati air mineral isotonik dan air mineral.

Untuk kelancaran terlaksananya event ini pihaknya juga memantau prakiraan cuaca pada 7 juli 2024 tersebut.

‘Kita prakirakan pada event itu cuaca akan sedikit panas sehingga kita akan antisipasi selain water station kita juga akan sediakan spons basah atau dingin yang bisa di pakai pelari,” tegasnya.

Pihaknya juga akan menampilkan di sepanjang jalur yang dilalui pelari akan ada pertunjukan budaya tarian daerah mulai tarian melayu, India dan batak Toba.

Baca Juga:  Rupiah Nyaris Sentuh 16.300, IHSG Terkoreksi Cukup Dalam

“Pelari yang melintasi di jalur itu mereka lebih nyaman, dan suasana tidak membosankan.

 

Masih dikatakannya lagi, pada saat perlombaan itu berlangsung setiap peserta nantinya akan melintasi sejumlah gedung/lokasi bersejarah seperti museum Tjong Afie, Gedung KPw BI Provinsi Sumut, Istana Maimun, gedung Lonsum serta gedung Kantor Pos.

“Gelaran BMPD Medan Run ini diharapkan dapat memeriahkan ulang tahun kota Medan yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024 dan juga
merupakan rangkaian kegiatan GBBWI (Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia) dan GBBI (Gerakan Bangga Buatan Indonesia) 2024 yang akan diselenggarakan di kota Medan pada tanggal 3 – 7 Juli 2024 oleh Bank Indonesia dan
kementerian / lembaga terkait,” tandasnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru