Home / SUMUT / 211.203 Peserta BPJS Dicover APBD Sumut

211.203 Peserta BPJS Dicover APBD Sumut


TEKS FOTO: Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, menyerahkan 211.203 kartu BPJS Kesehatan untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan melalui APBD Provinsi Sumatera Utara, secara simbolik kepada warga Sumatera Utara dalam acara yang digelar di RSU Haji Medan, Selasa (30/9/2014).[Foto: Istimewa]

MEDAN| Sebanyak 211.203 jiwa kepesertaan BPJS di Sumatera Utara dicover oleh APBD Provinsi daerah itu. Sementara itu ada 17 kabupaten/kota yang mengalokasikan anggaran APBD-nya untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan jumlah kepesertaan 252.043 jiwa.

Ke-17 kabupaten/kota yang bekerjasama dengan BPJS tersebut adalah Binjai, Serdangbedagai, Tebingtinggi, Dairi, Pakpakbharat, Simalungun, Tobasamosir, Humbanghasundutan, Tapanuliutara, Tapanulitengah, Sibolga, Padanglawas Utara, Batubara, Tanjungbalai, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara dan Asahan.

Gubsu mengapresiasi ke-17 kabupaten/kota yang sudah mendukung program nasional, khususnya Phakpakbarat yang seluruh kepesertaan BPJS sebanyak 12.000 PBI ditanggung APBD kabupaten tersebut.

Gubsu mengatakan targetnya seluruh masyarakat Sumut akan menjadi peserta BPJS sehingga dia mengajak warga masyarakat yang mampu mendaftarkan diri secara mandiri.

“Walaupun tidak sakit, anggaplah ini sebagai sebagai infak kita, walaupun tidak dimanfaatkan karena tidak sakit, tapi sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” imbuh Gubsu.

Baca Juga:  Duh, Debt Collector ITC Finance Keroyok Seorang Ibu Gegara Nunggak 3 Bulan

Dalam kesempatan itu Gubsu juga menghimbau warga Sumut untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur dan makan makanan sehat, bergizi dan berimbang.

Lebih jauh lagi, menurutnya menerapkan cara berfikir yang positif, sehat dan konstruktif juga bagian dari upaya memelihara kesehatan.

“Konsep BPJS Kesehatan ini terkandung semangat bersyukur, semangat gotong-royong, karena seenak-enaknya pelayanan rumahsakit mewah dan megah, tetap saja tidak enak karena sakit.Bagi yang mampu, mari kita membantu saudara-saudara kita yang tidak berkecukupan melalui kepesertaan BPJS Kesehatan,” imbuh Gubsu.

Diketahui dari 13.215.201 penduduk Sumut, sebanyak 6.352.938 jiwa sudah terlindungi BPJS Kesehatan. Dari jumlah itu, sebanyak 4.129.297 adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Sedangkan PBI dari APBD Provinsi Sumatera Utara ada 211.203 jiwa. [ray]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up