Majukan Wisata Di Sumut, Wagub Akan Restorasi Tahura

22

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah berencana ingin merestorasi Taman Hutan Rakyat (Tahura) yang terletak di Berastagi sebagai tujuan wisata di Sumatera Utara. Hal ini diungkapkan beliau saat melakukan kunjungan ke Tahura, Sabtu (10/8/2019).

Diakui Wakil Gubernur, sekarang ini kondisi Taman Hutan Rakyat tidak terpelihara dengan baik. “Tahura ini dulu terkenal ramai karena tempat hiburan. Dulu juga ada gajah di sini. Tapi sekarang memang pengelolaannya sudah jauh daripada yang kita harapkan,” aku Ijeck.

Dijelaskan Wakil Gubernur Sumut, ia ingin melihat langsung kondisi Tahura secara langsung, melihat apa yang menjadi kendala. “Ke depan, kami ingin menjadikan Tahura menjadi tempat wisata dan kita akan perbaiki agar masyarakat kembali minat untuk datang ke Tahura bangkit kembali,” ujar Ijeck.

Tiba di kompleks Tahura, Ijeck panggilan akrabnya langsung disambut oleh petugas Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. Usai beramahtamah, Ijeck kemudian langsung meminta memasuki kawasan Tahura. Ijeck pun memantau dengan teliti kondisi Tahura.

Saat melihat Tahura, Ijeck cukup takjub dengan alamnya. Ia melihat Tahura sangat potensial menjadi magnet pariwisata Sumut. “Alamnya bagus. Pohonnya juga bagus,” puji Ijeck. Sambil berjalan, berbagai ide menari muncul di benaknya. Hal ini ia sampaikan saat meninjau.

“Kita akan buat jungle track supaya orang bisa menikmati suasana alam. Kita akan lihat lagi lagi apakah mungkin ada flora dan fauna yang perlu ditambahkan ke sini. Tapi yang pasti saat ini kita ingin menjadikan Tahura ini menjadi tempat berbagai atraksi atraksi. Mungkin nanti akan ada balai pertemuan akan ada tempat outbond, ataupun pentas pentas musik di sini,” ujar Ijeck.

Dikatakan Ijeck, ia bermaksud untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara. Karena menurutnya, Sumut memiliki banyak potensi alam yang indah. Begitupun wisata alamnya. Jika dikelola dengan baik, Ijeck meyakini akan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara datang ke Sumatera Utara.

Seperti diketahui, Tahura adalah salah satu tempat kunjungan wisata yang ada di Kota Berastagi, Kabupaten Karo. Selama ini Berastagi sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Sumatera Utara. Dikatakan Ijeck, kehadiran Tahura di sini akan menambah lokasi tujuan wisata di Berastagi. “Artinya orang semakin bangkit keinginan wisatawan untuk datang ke Berastagi karena memiliki banyak tujuan wisata” ujar Ijeck.

Usai dari Tahura, dikatakan Ijeck, ia akan mengunjungi Langkat via jalur Desa Telaga. ” Kita akan lihat potensi apa yang ada di sana untuk kita kembangkan. Mudah mudahan pariwisata Sumatera Utara bisa kita bangkitkan kembali,” jelas Ijeck.(Mahbubah Lubis)

 

Apa Tanggapan Anda?