Home / BISNIS / Manulife Indonesia Pertahankan Pertumbuhan yang Stabil di Tahun 2015

Manulife Indonesia Pertahankan Pertumbuhan yang Stabil di Tahun 2015


EDISIMEDAN.COM, JAKARTA – Manulife Indonesia melaporkan pertumbuhan bisnis konsolidasinya yang stabil pada tahun 2015. Pendapatan bersih premi asuransi meningkat 3% dibanding tahun 2014 yang didorong kenaikan pendapatan premi lanjutan (renewal) produk individu dan group saving.

Dalam siaran pers yang diterima edisimedan.com, Jumat (29/4/2016), disebutkan, total premi lanjutan Manulife pada tahun 2015 melonjak sekitar 16%, yang memperlihatkan tingkat persistensi yang kuat. Sementara itu, basis nasabah bertumbuh sebesar 2% menjadi lebih dari 2,2 juta.

“Pertumbuhan premi lanjutan merupakan indikasi semakin meningkatnya kepercayaan dan keyakinan nasabah kami serta mencerminkan kualitas layanan dan rekomendasi keuangan yang kami berikan. Sementara itu, peningkatan jumlah nasabah menunjukkan komitmen kami untuk melindungi lebih banyak keluarga Indonesia serta membantu mereka mencapai tujuan keuangan mereka,” kata Direktur Manulife Indonesia, Sutikno Sjarif.

Selain itu, Manulife Indonesia terus mempertahankan posisi modal yang sangat sehat untuk mendukung keseluruhan operasi bisnisnya dengan Modal Berbasis Risiko atau Risk-based Capital (RBC) sebesar 495%, jauh melampaui batas minimum 120% yang disyaratkan oleh pemerintah.

Fokus pada Nasabah Menjadi Prioritas
Di sisi lain, Manulife tetap berfokus pada visinya untuk membantu masyarakat mewujudkan impian dan aspirasi mereka. Perusahaan telah membayarkan klaim asuransi, nilai tunai penyerahan polis, anuitas dan manfaat lain senilai Rp5,6 triliun sebagai wujud komitmennya terhadap nasabah.

Saat ini, perusahaan dipercaya 2,2 juta nasabahnya untuk mengelola lebih dari Rp50,2 triliun dana mereka.

Baca Juga:  Mitra Marchand Go-food Meningkat Terus Meningkat

“Komitmen Manulife Indonesia untuk membantu nasabah mewujudkan impian dan aspirasi mereka tercermin dari upaya kami untuk menawarkan berbagai solusi inovatif dan menyediakan pengalaman nasabah yang tak tertandingi. Kami terus melakukan investasi penting untuk memastikan kami tetap dapat memenuhi kebutuhan nasabah kami,” kata Sutikno.

Pada tahun 2015, Manulife Indonesia meluncurkan e-Solution, sebuah otomasi proses transaksi penjualan asuransi (straight-through processing) yang pertama di Indonesia dan situs nasabah MiAccount yang dirancang secara khusus untuk mempermudah nasabah mengakses informasi akun mereka dan mengajukan klaim.

Manulife Indonesia juga meluncurkan sejumlah solusi inovatif, yaitu: MiUltimate HealthCare, solusi asuransi kesehatan dengan pembayaran klaim sesuai jumlah tagihan, yang memberi imbalan berupa diskon premi lanjutan kepada nasabah yang berkomitmen untuk tetap terhubung dengan Manulife dan menjalankan gaya hidup sehat, dan MiGolden Retirement, solusi dana pensiun individu yang memungkinkan nasabah untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Komitmen perusahaan untuk melayani kebutuhan nasabahnya dengan lebih baik juga telah diakui oleh industri. Dalam penghargaan Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2015, Manulife Indonesia menyabet gelar Top 3 Best Customer Choice for Life Insurance Company untuk dua kategori: Asuransi Jiwa dan Kesehatan Asuransi Pendidikan.

Manulife Indonesia juga meraih peringkat “Diamond” pada penghargaan Service Quality Award 2015 dan peringkat pertama sebagai perusahaan terbaik dalam acara Excellence Service Experience Award (ESEA) 2015 untuk kategori Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan.

Baca Juga:  Pekerja Profesional di Indonesia Terancam Miskin di Hari Tua

Mengoptimalkan & Mengembangkan Saluran Distribusi
Manulife meluncurkan sebuah program yang disebut “Mission Extraordinary” untuk membentuk tim agen atau penasihat keuangan elit untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang kian berkembang dengan menggunakan 3 pendekatan: “Connect, Customize, Grow”.

“Kami tetap berfokus pada program perekrutan dan pelatihan yang berkualitas agar jalur Agency kami dapat bertumbuh secara berkelanjutan. Saat ini, kami memiliki lebih dari 8.000 agen profesional yang siap membantu nasabah untuk membuat perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan tetap fokus untuk mencapai tujuan keuangan mereka,” jelas Sutikno.

Manulife Indonesia juga memperluas cakupan dan jangkauan pasarnya melalui distribusi kemitraan dengan bank. Tahun lalu, Manulife meluncurkan beberapa kemitraan dengan bank baru, terutama dengan Bank Muamalat Indonesia, bank Syariah tertua di Indonesia. Manulife juga meluncurkan kemitraan di tingkat Asia dengan Bank DBS; kerja sama asuransi jiwa kredit dengan bank pemberi pinjaman terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI); serta kemitraan distribusi dengan Bank OCBC NISP.

Pendidikan Literasi keuangan
Manulife Indonesia terus mendukung program literasi keuangan pemerintah melalui program TV edukatif-nya yang populer dan berfokus pada literasi keuangan. Setiap minggu, jutaan pemirsa menyaksikan tayangan acara yang telah meraih penghargaan ini.
Pada tahun 2015, Gaya Hidup Masa Depan melampaui 110 episode, sementara Cerdas 5 Menit mencapai lebih dari 550 episode.

Baca Juga:  MiTreasure Optimax Protection, Solusi Perlindungan Jiwa Optimal Menyeluruh

“Fokus kami pada literasi keuangan berarti kami juga telah mengambil sejumlah langkah inovatif dan signifikan untuk membantu penyelenggaraan proses pembelajaran, melalui program TV kami yang dianggap sebagai game changer di industri asuransi di Indonesia,” kata Sutikno.

“Kami telah bekerja secara kolaboratif dengan kantor pusat kami untuk merampungkan strategi Tanggung Jawab Sosial (CSR) kami yang akan berfokus secara eksklusif pada literasi keuangan dan memaksimalkan kerja sama yang telah terjalin dengan mitra kami Metro TV, Program Sekolah Binaan kami, serta inisiatif- inisiatif yang melibatkan tenaga pemasar dan karyawan kami.”

Pada tahun 2015, Manulife Indonesia menyelesaikan pembangunan ulang sekolah binaannya, SDN 28, di Banda Aceh menyusul renovasi sekolah tersebut yang dilakukan tak lama setelah tragedi tsunami melanda Aceh pada tahun 2004. Program Sekolah Binaan yang meliputi 5 sekolah lokal tersebut, merupakan bagian dari fokus perusahaan untuk membangun generasi muda serta membantu mengatasi keterbatasan akses pendidikan di Indonesia.

“Kami akan terus melanjutkan upaya-upaya kami untuk memperkuat pendidikan literasi keuangan di Indonesia dan berfokus pada penyediaan solusi yang inovatif dan pengembangan lebih jauh kapasitas digital kami untuk membantu nasabah mewujudkan impian dan aspirasi mereka. [adv]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up