Home / NEWS / Aceh Sepakat Serahkan Bantuan Rp100 Juta untuk Rohingya

Aceh Sepakat Serahkan Bantuan Rp100 Juta untuk Rohingya


SERAHKAN BANTUAN - KETUA UMUM DPP Aceh Sepakat Sumut,HM Husni Mustafa,SE (kedua kiri) didampingi Ketua Panitia Posko Peduli Rohingya Mjamil SE Ak, Sekretaris DPP HM Munthadar dan Bendahara H Faisal Pawangleman SE Ak saat menerima penghargaan dari Pimpinan ACT Perwakilan Sumut, Ronio Romantika (paling kiri) usai Aceh Sepakat menyerahkan bantuan untuk pengungsi Rohingya melalui ACT di Desa-Desa Resto Medan, Kamis (2/11/2017)

EDISIMEDAN.com, MEDAN – DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara menyerahkan bantuan Rp100 juta kepada pengungsi muslim Rohingya di Bangladesh untuk meringankan beban hidup dan penderitaan panjang mereka di pengungsian.

Bantuan berupa ceque senilai Rp100 juta itu diserahkan Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumut, HM Husni Mustafa SE dan diterima Pimpinan Perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut, Ronio Romantika didampingi Rinaldi Tambunan, Partnership ACT Regional Sumut di Medan, Kamis (2/11/2017).

Sebelumnya Ketua Panitia Perhimpunan Dana Posko Peduli Rohingya Aceh Sepakat, HM Jamil SE Ak menyerahkan ceque tersebut kepada Ketua Umum DPP Aceh Sepakat HM Husni Mustafa disaksikan Sekretaris DPP HT Munthadar T Arifin Husein, Bendahara Faisal Pawangleman, Ketua DPD II Medan Muhammad Rizal SE, Ketua Dewan Musapat (DM) Dr Fauzi Usman MBA dan sejumlah pengurus Aceh Sepakat lainnya.

Baca Juga:  Super Blue Blood Moon di Medan Tertutup Awan

Husni Mustafa mengatakan, selama satu bulan setengah Posko Peduli Rohingya Aceh Sepakat berhasil menghimpun dana sebesar Rp100 juta.

“Namun, jangan dilihat dari jumlahnya, paling penting adalah bermanfaat bagi para pengungsi Rohingya di Bangladesh,” ujar Husni Mustafa.

Beberapa waktu lalu, katanya, Aceh Sepakat juga pernah memberikan bantuan serupa kepada pengungsi Rohingya di Langsa Aceh Timur. Pengurus organisasi sosial ini merasa prihatin sekali terhadap warga Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar ke negara-negara terdekat akibat krisis kemanusiaan.

“Aceh Sepakat siap berkorban di bumi manapun untuk membantu saudara-saudara kita apalagi warga Rohingya yang cukup menderita di pengungsian termasuk anak-anak dan orang lanjut usia,” ujar Husni Mustafa seraya menyampaikan terima kasih kepada ketua panitia perhimpunan dana M Jamil dan para donatur yang telah ikut berbagi rezeki demi kemanusiaan.

Baca Juga:  Hari Ketiga Pencarian, Satu Jenajah Kapal Karam di Danau Toba Ditemukan

Pimpinan ACT Perwakilan Sumut, Ronio Romantika menyampaikan terima kasih atas kepedulian DPP Aceh Sepakat memberikan bantuan Rp100 juta kepada para pengungsi Rohingya yang paling tertindas di dunia.

Berbeda dengan warga Palestina, warga Rohingya sudah cukup lama dibodohi. Pendidikan mereka di negerinya Myanmar dibatasi termasuk pelayanan kesehatan. Justru itu ACT terus melakukan gerakan rakyat Indonesia untuk ikut peduli.

ACT sudah mengirim 2000 ton beras kepada warga Rohingya. Bahkan ACT mengedukasi mereka, membuka posko gawat darurat dan emergency. Saat ini ACT berpikir bagaimana anak-anak mereka dapat melanjutkan pendidikan.

“Paling penting kita fokus terhadap anak-anak yatim. Soalnya cukup banyak anak yatim Rohingya terkatung-katung hampir seribu anak yatim yang sedang kita fasilitasi. Tugas kami menyampaikan ke luar bahwa warga Rohingya ini sangat menderita akibat krisis kemanusiaan dan kekerasan yang terjadi Rakhine, negara bagian Myanmar sehingga mereka menyelamatkan diri di Bangladesh,” papar Ronio. [fur/bay]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up