Home / MEDAN TODAY / Akhyar Pantau Dua RS Tempat Evakuasi Penanganan Covid-19

Akhyar Pantau Dua RS Tempat Evakuasi Penanganan Covid-19


EDISIMEDAN.COM MEDAN- Guna melihat kesiapan rumah sakit melayani pasien dengan indikasi virus corona covid-19, Sabtu (21/3/2020) walikota Medan, Akhyar Nasution bersama forkopimda, tim medis penanganan Virus Corona Covid-19 melakukan kunjungan di dua rumah sakit.

“Hari ini tim gugus tugas sudah meninjau tempat skrinning awal di RS Sari Mutiara Medan, kemudian kita ke tempat evakuasi di RS GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa Deli Serdang. Sekarang sedang dalam persiapan dan insha Allah Senin selesai. Kalau memang ada pasien yang positif PDP (pasien dalam pengawasan), akan kita evakuasi ke ruangan ini,” kata  Akhyar pada Sabtu (21/3/2020)
Berrdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan  Medan, pagi ini Dibeberkannya bahwa status (orang dalam pengawasan) ODP di kota Medan sebanyak 142 orang, kemudian yang PDP sebanyak 21 orang. “Jadi ada peningkatan ODP sebanyak 8 orang, PDP sebanyak 2 orang dari kemarin. Dan positif masih tetap 2 orang,” kata Akhyar.

Baca Juga:  Soal Rencana Relokasi, Ini Jawaban Pemko Medan untuk Pedagang Jalan Bulan

Dalam kesempatan ini, Kepala RS GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa Deli Serdang, dr Novitriani menjelaskan hingga kini pengerjaan rumah sakitnya menjadi sarana utama dalam penanganan covid-19 masih terus dilakukan. Pengerjaan masih terus dilakukan selama 24 penuh, setiap harinya.


“Kita hanya membantu gugus tugas menyiapkan tempat, yang menentukan pasien masuk ke sini atau tidak dr Restuti (dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut). Alur masuk pasien tetap dari UGD yang ditangani dr Handoyo dan tim (dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut),” ungkapnya.
Direncanakan ada 39 tempat tidur yang disediakan untuk PDP, yakni ruang ICU dan bangsal. Dijelaskannya, awalnya tenpat tidur yang tersedia dalam bentuk bangsal, namun disekat-sekat supaya pasien satu kamar satu orang pasien. Dengan pasilitas, satu kamar mandi per orangnya.

Baca Juga:  Kecelakaan Kerja Paling Banyak Terjadi Di Jalan Raya


“Kita rencanakan rumah sakit sudah siap beroperasi Senin. Ini berdasarkan instruksi. Namun kita lihat visitasinya, kalau tim gugus tugas menyatakan belum, belum bisa ready (siap). Kita harus memastikan sudah safety (aman) semuanya.

Tidak hanya pasiennya saja, tapi petugas juga safety,” terangnya.
Turut hadir dalam peninjauan ini Kadis Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi, Kepala BPBD Medan, Arjuna, Kasatpol PP, Sofyan, Asmum, Redwan, Kabagtapem, ridho, Kabag Humas, Arrahman Pane, Kapolresta, Dandim, dan sejumlah tim medis penanganan covid -19 Kota Medan. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up