Home / NEWS / Alasan Serap Aspirasi Rakyat, DPR Minta Jatah Rp20 M Perorang

Alasan Serap Aspirasi Rakyat, DPR Minta Jatah Rp20 M Perorang


JAKARTA| Di saat kondisi ekonomi rakyat terpuruk, justru anggota DPR “berpesta” dengan mengajukan dana aspirasi daerah pemilihan (Dapil) senilai Rp 20 miliar per kepala. Perkiraan total dana APBN yang dituntut para anggota DPR mencapai Rp 11,2 triliun dan tengah diupayakan masuk dalam APBN 2016.

“Setiap anggota DPR akan diberi jatah untuk mengakomodir atau menyerap aspirasi masyarakat untuk pembangunan Dapilnya masing-masing. Angkanya Rp 15 miliar hingga Rp 20 miliar per anggota atau total Rp 11,2 triliun,” ujar Ketua Badan Anggaran DPR, Ahmadi Noor Supit kepada wartawan di Jakarta, Senin lalu (8/6/2015).

Bukan kali ini saja DPR mengusulkan dana aspirasi. Lima tahun yang lalu, saat dipimpin oleh Harry Azhar Azis, Badan Anggaran DPR juga sempat mengusulkan dana aspirasi bagi 506 anggota DPR yang besarannya mencapai Rp 15 miliar per orang.

Baca Juga:  Hanyut Dua Hari, Jenajah Febby Pasaribu Akhirnya Ditemukan

Usulan tersebut kemudian gugur dan berujung pada pencopotan Harry Azhar dari kursi Ketua Banggar dan digantikan oleh sejawatnya dari Fraksi Golkar, Melchias Markus Mekeng.

Sekarang isu ini kembali bergulir. Banggar DPR saat ini mengupayakan agar dana aspirasi tersebut bisa ‘digolkan’ dalam APBN 2016. [rez]

Terkait


Berita Terbaru