Antisipasi Kenaikan Dana Tunai Lebaran, Mandiri Region I Siapkan Rp 6,4 Triliun

34
Regional CEO Bank Mandiri Region I, Parlindungan Hutahaean (tengah duduk) didampingi Deputi I Agus Sanjaya, pimpinan cabang dan vendor foto bersama usai berbuka puasa di Medan, Kamis (7/6)

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Bank Mandiri Region I/ Sumatera 1 yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepri menyiapkan dana tunai sebesar Rp 6,4 triliun atau sekitar Rp539,7 miliar/hari untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri 1439 H.

“Antisipasi tersebut diberlakukan mulai 22 Mei hingga 20 Juni 2018,” kata Regional CEO Bank Mandiri Region I/ Sumatera 1 Parlindungan Hutahaean menjelang berbuka puasa bersama vendor bank dan media di Medan, Kamis (7/6).

Menurut dia, alokasi dana tunai ini meningkat sekitar 15% dari jumlah yang disiapkan secara harian pada kondisi normal. Artinya telah memperhitungkan kebutuhan dana untuk pembayaran gaji bulan Mei dan Tunjangan Hari Raya (THR) pada sekitar awal Juni.

“Selain itu, kami juga mengantisipasi dampak dari panjangnya rentang waktu cuti bersama musim Lebaran tahun ini, yakni sejak 11 Juni hingga 20 Juni,” jelas Parlindungan didampingi Deputi I Agus Sanjaya, Humas Henry Tampubolon dan para kepala cabang Bank Mandiri.

Dia menyebutkan khusus untuk pengisian mesin ATM meningkatkan ketersediaan uang tunai menjadi Rp 550 miliar per hari, dari sebelumnya Rp 500 miliar per hari untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan dana saat cuti bersama.

“Dari nilai itu, sebesar 44,06% dari jumlah dana itu didistribusikan di Sumatera Utara. Sementara 55,94% lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di luar Sumatera Utara, yakni Aceh, Riau dan Kepulauan Riau atau Kepri,” ujarnya.

Parlindungan menambahkan, Bank Mandiri menyiapkan jaringan IT secara optimal untuk memastikan seluruh operasional channel pembayaran elektronik lainnya, seperti jaringan ATM, SMS Banking, Mandiri Mobile dan Mandiri Call 14000 tetap terjaga dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga selama liburan.

Saat ini rincinya , nasabah dapat melakukan transaksi melalui 1.472 mandiri ATM di Region I/ Sumatera 1 dan 17.429 mandiri ATM di seluruh Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 60 ribu jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus. Untuk mengetahui lokasi cabang dan ATM Bank Mandiri terdekat, nasabah dapat mengakses melalui www.bankmandiri.co.id.

“Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman, seperti informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, pembelian isi ulang pulsa dan lainnya,” jelas dia.

Parlindungan mengatakan, sebagai dukungan pada mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan tradisi mudik pada musim libur Lebaran Bank Mandiri Region I/ Sumatera 1 juga telah meningkatkan ketersediaan uang elektronik Mandiri E-money untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran tol.

Dalam hal ini pihaknya juga meningkatkan kerjasama dengan merchant-merchant mitra yang ada. Hingga April 2018, kartu Mandiri E-money yang telah diterbitkan Bank Mandiri mencapai lebih dari 14,3 juta kartu dengan nilai transaksi selama Januari-April 2018 sebesar Rp 4,8 triliun, di mana 86% transaksi dilakukan pada gerbang tol.

“Adapun ruas jalan tol yang dapat diakses kartu Mandiri E-money mencapai sebanyak 40 ruas, sepanjang lebih dari 1.100 kilometer, antara lain ruas tol Belmera di Sumatera Utara, Pelabuhan Merak sampai ke Surabaya,” sebut Parlindungan.[fur]

Apa Tanggapan Anda?