Home / COMMUNITY / Asah Kemampuan, Ratusan Peterjun Paskhas Turun Dari Langit Kota Medan

Asah Kemampuan, Ratusan Peterjun Paskhas Turun Dari Langit Kota Medan


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Ratusan pasukan elit Paskhas TNI Angkatan Udara atau yang lebih dikenal sebagai prajurit Baret Jingga sebagai ciri khasnya, terlihat turun dari langit Kota Medan dengan menggunakan parasut.

Pada pagi hari itu ternyata sedang dilaksanakan latihan rutin terjun payung yang dilaksanakan oleh Wing III Paskhas dan Batalyon Komando 469 Paskhas yang berlangsung di Run Way Lanud Soewondo Medan sebagai titik pendaratannya, Sabtu (13/02/2020).

Terjun payung penyegaran merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Korpaskhas di seluruh Indonesia dalam rangka memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan seluruh prajurit Korpaskhas, sehingga siap melaksanakan tugas operasi sesuai dengan kemampuan dan ciri khas Matra Udara.

Dengan menggunakan pesawat jenis Hercules C-130 A-1321 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Putut Satriya dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, para prajurit tersebut terlihat melompat keluar dari pintu pesawat dengan ketinggian 1200 feet untuk Peterjun Statik, sedangkan bagi Peterjun Free Fall dilaksanakan dengan ketinggian 8000 feet. Adapun penerjunan kali ini dilaksanakan sebanyak 2 sorty.

Baca Juga:  Gubsu Jalan Sehat Peringati Milad ke-105 Muhammadiyah

Dalam keterangan persnya, Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, S.E. menyampaikan bahwa kegiatan pada hari ini kita melaksanakan kegiatan terjun penyegaran yang merupakan program dari Korpaskhas.

Terjun penyegaran merupakan salah satu upaya untuk menjaga kemampuan prajurit Paskhas khususnya dalam kemampuan terjun payung. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa prajurit Paskhas harus memiliki kualifikasi terjun payunh dan Komando. Sehingga apabila prajurit Paskhas belum memiliki kualifikasi tersebut belum dinyatakan sah menjadi prajurit Paskhas.

“Kami satuan jajaran Wing III Paskhas melaksanakan kegiatan secara estafet yang berawal dari Pontianak, Pekanbaru, Medan dan selanjutnya satuan jajaran yang ada di Banda Aceh dan Lhokseumawe, dan saat ini kita melibatkan dengan total personel sebanyak 250 dan dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat”ucap Danwing.

Masih ditempat yang sama, Pangkosekhanudnas III mengatakan bahwa pada pagi hari ini Wing III Paskhas melaksanakan penerjunan dalam rangka merefresing para prajurit Paskhas. Pelaksanaan kali ini menggunakan 1 pesawat C-130 Hercules dari Skadron 31 Lanud Halim Perdana Kusuma serta mendapat dukungan dari Lanud Soewondo. Dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat dilaksanakan sebanyak 2 sorty dengan jumlah personel sebanyak 250 orang.

Baca Juga:  Gelar Sahur On The Road, AMCI Berbagi Bersama DMC, HPP Johor ke Panti Asuhan

“Selamat atas penyelenggaraan latihan dan semoga dapat meningkatkan profesionalisme prajurit Paskhas dalam rangka mendukung operasi udara apabila terjadi suatu tindakan emergency, Paskhas Medan siap melaksanakan operasi tersebut”,tutup Pangkosek.(red)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up