Home / POLITIK / Bawaslu Kabulkan Gugatan JR Saragih, Perintahkan KPU Batalkan SK Penetapan Cagub Sumut

Bawaslu Kabulkan Gugatan JR Saragih, Perintahkan KPU Batalkan SK Penetapan Cagub Sumut


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara mengabulkan gugatan JR Saragih-Ance Selian (JR-ANCE) pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, dalam sidang penyelesaian sengketa Pilkada di Bawaslu Sumut, Sabtu (3/3/2018). {edisiMedan.com/Haska Ismail]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara mengabulkan gugatan JR Saragih-Ance Selian (JR-ANCE) pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, dalam sidang penyelesaian sengketa Pilkada di Bawaslu Sumut, Sabtu (3/3/2018).

Putusan dibacakan Ketua majelis sidang Hardi Munthe yang dihadiri dua komisioner Bawaslu Syafrida R Rasahan dan Aulia Andri, pasangan JR Saragih-Ance selaku pemohon dan tergugat dari KPU Sumut sebagai termohon.

“Menetapkan, pertama, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” kata Hardi Munthe saat membacakan amar putusan dalam sidang tersebut.

BERITA TERKAIT

Bawaslu Sumut juga memerintahkan pemohon, untuk melakukan legalisir ulang fotocopy ijazah SMA pemohon dengan peraturan perudang-undangan bersama-sama dengan termohon.

Tiga, Bawaslu memerintahkan pemohon untuk menyerahkan dokumen fotokopi
ijazah SMA kepada termohon dengan sebuah tanda terima khusus yang ditandatangani pemohon dan termohon.

Baca Juga:  Hoax Kembali Beredar, Ketua MUI : Nama Saya Dicatut

Keempat, memerintahkan kepada termohon untuk menuangkan hasil pelaksanaan legalisir ulang fotokopi ijazah SMA milik pemohon dari instansi yang berwenang kedalam berita acara yang ditandatangi oleh pemohon-termohon dan menjadi dasar bagi status keterpenuhin kelengkapan pemohon dalam pemilihan Gubernur Sumatera Utara.

BACA JUGA

“Lima, terhadap amar putusan poin 2,3 dan 4, dikerjakan paling lama 7 hari sejak putusan ini dilasanakan,” kata Hardi Munthe.

Putusan Bawaslu yang keenam, memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Utara untuk membatalkan SK KPU Sumatera Utara No 07/PL.03.3-KPT/12/Prov/II/2018 tanggal 12 Februari dan menerbitkan SK baru bilamana hasil dari legalisir ulang fotokopi ijazah SMA pemohon sesuai dengan peraturan perundang-undangan,

Ketujuh, memerintah KPU untuk melaksanakan putusan ini paling lama tiga hari kerja setelag diputuskan. [ska|ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up