BCA Bekali Mahasiswa USU Menghadapi Persaingan Dunia Kerja HUT ke-60 BCA #MenjadiLebihBaik

    426
    SEMINAR. Siapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, BCA berikan seminar bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). [Foto dokumentasi usu.ac.id]

    EDISIMEDAN.com, MEDAN – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan pembekalan melalui penyelenggaraan Seminar Persiapan Dunia Kerja kepada mahasiswa Universitas Sumatera (USU).

    Seminar yang diselenggarakan kemarin ini, bagian dari rangkaian HUT BCA ke-60 tahun dengan komitmen #MenjadiLebihBaik dalam memberikan layanan dan solusi perbankan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

    Seminar Persiapan Dunia Kerja dibuka Vice President CSR BCA Rizali Zakaria dan Wakil Rektor I USU Rosmayati, menghadirkan praktisi Komunikasi Moh Subagio sebagai pembicara.

    Sebelumnya, seperti siaran persnya, yang diterima wartawan kemarin, pada bulan November 2016, BCA juga menyerahkan donasi Beasiswa Bakti BCA tahun ajaran 2016-2017 kepada mahasiswa Universitas Sumatera Utara senilai Rp200 juta, serta memberikan Pelatihan Kepemimpinan kepada 50 penerima beasiswa tersebut selama 2 hari pelatihan.

    “Memasuki HUT BCA ke-60, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Seminar ini merupakan wujud kepedulian BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada generasi muda Indonesia yang bertujuan menambah wawasan mereka seputar dunia kerja. Kami berharap seminar ini bermanfaat menumbuhkan motivasi, kreasi dan inovasi yang tinggi dari mahasiswa dalam menentukan karirnya, baik itu sebagai wiraswasta, pegawai swasta, ataukah pegawai negeri sipil,” ujar Rizali.

    Dengan menyelenggarakan seminar ini, BCA berharap mahasiswa tingkat akhir memperoleh pemahaman yang mendalam seputar dunia kerja sehingga dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik di tengah persaingan yang semakin kompetitif.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2016, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2016 mencapai 7,03 juta orang atau setara dengan 5,61 persen dari total 125,44 juta orang angkatan kerja.

    Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 5,61 persen berarti dari 100 angkatan kerja terdapat sekitar 5 hingga 6 orang pengangguran. Karenanya, BCA bermaksud berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang diharapkan nantinya dapat berkontribusi mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

    “Dalam rangka menambah wawasan para mahasiswa, seminar ini berisi materi pengembangan diri mengenai tips kemampuan komunikasi yang efektif sehingga menjadi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Diantaranya pentingnya pemahaman mengenai dunia digital saat ini, kemampuan berpikir yang strategis dan kritis, serta kemampuan komunikasi interpersonal. Seminar ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa dan mahasiswi, khususnya para penerima Beasiswa Bakti BCA, untuk menjadi generasi muda yang berkualitas yang dapat membanggakan Indonesia,” tambah Rizali.

    Sebagai catatan, Program Beasiswa Bakti BCA telah berjalan sejak tahun 1999 di 16 Perguruan Tinggi Negeri dan telah memasuki tahun keempat penyelenggaraannya di Universitas Sumatera Utara.

    Tahun pertama di tahun ajaran 2013-2014, BCA menyerahkan beasiswa senilai Rp60 juta untuk 5 penerima. Tahun kedua di tahun ajaran 2014-2015, BCA menyerahkan Rp150 juta untuk 50 penerima beasiswa.

    Tahun ketiga di tahun ajaran 2015-2016 menjadi Rp150 juta untuk 50 penerima beasiswa. Tahun keempat di tahun ajaran 2016-2017 ini, BCA menyerahkan donasi beasiswa senilai Rp200 juta untuk 50 penerima beasiswa.

    “Besar harapan kami Seminar Persiapan Dunia Kerja ini dapat bermanfaat memberikan nilai tambah bagi para mahasiswa, khususnya penerima Beasiswa Bakti BCA, sehingga mereka mampu untuk bersaing menjadi sumber daya manusia yang profesional, ataupun menjadi wirausaha yang kompeten yang turut menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia,” tutup Rizali. [nul]

    Apa Tanggapan Anda?