Home / HIBURAN / Beatbox Battle Volume I Sukses Digelar di Tembung

Beatbox Battle Volume I Sukses Digelar di Tembung


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. 
 
Biasanya kesenian ini dapat ditemukan di kota-kota besar. Dan bahkan pertandikan-pertandingannya juga sering digelar di kota besar. Untuk itulah, festival beatbox Battle Volume I yang digelar oleh Pitch Spirit ini digelar di Tembung, Deliserdang. Selain untuk memperkenalkan beatbox ke masyarakat sekitar juga sebagai ajang berkumpul para pebeatbox pemula.
 
“Ditembung belum banyak beatbox, jadi ini acara pertama kali di Tembung,” kata Ketua Panitia Muhammad Akbar Razak batubara (18) pada Sabtu Kemarin.
Dikatakannya, Battle beatbox volume I ini sempat molor karena Pandemi Corona namun setelah new normal pihaknya bersama tim baru berani kembali menebarkan brosur, promosi di media sosial seperti Facebook dan instagram. Merekapun dapat 16 peserta yang datang dari berbagai daerah.
“Yang dinilai juri adalah original beat, tidak boleh meniru beat otang lain, artikulasi atau kejelasan beat menjadi unsur penting dalam penilaian. Jurinya Dika, Tarwin, Azmi, dan Mamen,” ungkapnya.
Diharapkannya  kegiatan  ini bukan hanya sekedar lomba  namun juga sebagai  ajang berkumpul dan ajang kreativitas. Dan dengan kegiatan ini juga dapat menguji mental para beatbox.
Untuk wadah berbeatbox diakuinya memang belum ada tempat khusus dari pemerintah, kendati demikian ia mengatakan tidak banyak berharap dengan pemerintah, karena untuk melatih beatbox ini bisa dilakukan mereka dimana saja.
Salah seorang peserta termuda, Arya (13) warga Kabanjaheengatakan ia belajar beatbox sejak tahun 2017, dimana saat itu dikalangan teman seusianya banyak yang suka dengan beatbox. Akhirnya ia pun mengaku menjadi suka dan belajar otodidak dari media sosial disalah satu chanel di YouTube.
“Menurutku seni beatbox ini keren karena bisa mengeluarkan irama atau musik dari mulut sendiri,” papar anak dari pasangan Novita dan Jesaya Ginting ini.
Anak ke dua dari dua bersaudara ini
Mengharapkan beatbox bisa berkembang di kota terpencil, karena menurutnya beatbox pada umumnya hanya di kota besar saja. Sehingga ia sangat menginginkan kesenian ini ada dan berkembang  di kota tanah kelahirannya di Kabanjahe.(bd)
Baca Juga:  Minggu, Istana Maimun Akan Buka Kembali
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up