Home / POLITIK / Besok, Bawaslu Gelar Sidang Perdana Gugatan JR Saragih kepada KPU Sumut

Besok, Bawaslu Gelar Sidang Perdana Gugatan JR Saragih kepada KPU Sumut


JR Saragih menyapa warga saat berada di Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (18/2/2018).[edisimedan.com/ Lau Baleng]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (20/2/2018) besok, akan memulai sidang gugatan yang diajukan pasangan JR Saragih-Ance Selian terkait keputusan KPU Sumut yang menggagalkan pencalonan mereka dalam Pilgubsu 2018.

Tim kuasa hukum Bupati Simalungun itu sangat yakin mereka akan memenangkan gugatan tersebut.

Ikhwaluddin Simatupang, salah seorang kuasa hukum JR Saragih menjelaskan tim mereka sudah mempersiapkan beberapa alibi dan alat bukti yang diyakini akan menguatkan gugatan mereka.

Beberapa diantaranya yakni mengenai UU nomor 10 tahun 2016 dimana dijelaskan bahwa syarat calon adalah ijazah pendidikan terakhir.

“Jadi ketika kita sudah menyerahkan ijazah, maka tidak usah lagi didiskusikan STTB itu. Artinya STTB yang legalisirnya mengacu pada surat keterangan sekretaris dinas DKI Jakarta, itu kan 1 versi mengatakan tidak pernah melakukan legalisir, tapi disisi lain dia menyatakan benar ada ijazah itu. Artinya substansi yuridis dia mengakui legalisasi itu, hanya perbedaannya tinggal stempel dan tanda tangan,” katanya melalui seluler, Senin (19/2/2018).

Baca Juga:  JR Saragih Targetkan 10 Hari Jalan di Lokasi Longsor Pematang Sidamanik Tuntas

Selain itu kata Ikhwaluddin, mereka juga akan mempertanyakan mengenai surat keterangan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang baru diterima oleh KPU Sumut pada 22 Januari 2018. Sementara masa perbaikan berkas para calon berlangsung pada 18-20 Januri 2018.

BERITA TERKAIT

“Dan yang paling tidak adil lagi adalah, kita baru mengetahui syaratnya tidak dipenuhi pada 9 Februari 2018 itu bersamaan dengan penetapan pasangan calon. Ya pak JR Saragih nggak bisa ngapa-ngapain lagi. Itu beberapa hal yang akan kita sampaikan di persidangan,” pungkasnya.

BACA JUGA

Gugatan dari tim JR Saragih sendiri sudah diajukan pada 14 Februari 2018 lalu oleh tim kuasa hukum mereka. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up