BI Corner Ke-10 Diresmikan Di Unika

    11

    EDISIMEDAN.com, MEDAN: Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara Meresmikan BI Corner ke-10 di Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas Di Jalan Setia Budi Medan, Senin (29/10/2018).

    Direktur BI Perwakilan Sumut, Hilman Tisnawan usai meresmikan BI Corner mengatakan di Sumatera Utara (Sumut) pihaknya menargetkan akan membangun 12 BI Corner pada tahun ini. Saat ini sudah ada 10 BI Corner yang tersebar di sejumlah universitas dan sekolah di Sumut dan rencananya 2 lagi akan dihadirkan di Tanjung Pura dan perpustakaan daerah.

    “Saat ini sudah ada 10 BI Corner yang kita dirikan dari target 12 BI Corner di Sumatera Utara. Tahun ini kita targetkan akan terealisasi semua,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu pula, Hilman menjelaskan berdasarkan pantauannya hadirnya BI Corner baik di Universitas dan Sekolah sangat disambut antusias oleh mahasiswa dan pihak universitas maupun sekolah, ini dapat dilihat dari tingkat pengunjung yang tidak pernah sepi.

    Bahkan ada 2 Universitas di Sumut yang ikut serta dalam kejuaraan nasional dalam event BI Award. Dua universitas tersebut sudah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Dikatakan, dua universitas ini bukan hanya fisiknya yang baik tetapi aktivitasnya juga sangat baik. Pengunjungnya selalu ramai.

    “Berdasarkan pantauan kita, BI Corner sangat disambut antusias, namun kendati demikian kita juga terus melakukan evaluasi, bagi universitas yang tidak aktif memanfaatkan BI Corner maka kita tidak akan mensuport diantaranya tidak akan menambah koleksi buku,” tegasnya.

    Ia berharap Unika kedepannya bisa menjadi sah satu BI corner yang unggul.

    “Target didirikan BI Corner ini kita ingin meningkatkan minat baca mahasiswa, karena disini ada konten diseminasi oleh BI, diharapkan dibaca oleh mahasiswa, BI banyak segudang data dan ilmu yang harus dimanfaatkan. Saya berharap melalui lembaga pendidikan seperti Unika ini mereka bisa memanfaatkan BI Corner untuk memperoleh data dan peningkatan minat baca,” katanya.

    Rektor Unika Santo Thomas, Dr.Frietz.R.Tambunan sangat pengapresiasi didirikannya BI Corner di Universitas Unika karena dikatakannya ini merupakan upayanya agar mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas tetapi juga diluar kelas.

    “Kami sangat senang, ini bahagian dari upaya kami supaya Unika ini tidak hanya belajar didalam tetapi juga di luar. Dan bermain dalam permainan praktis seperti strategi keuangan dan kecerdasan keuangan yang sangat dibutuhkan oleh negara ini,” katanya.

    Agar BI Corner terus dimanfaatkan mahasiswa, ia menegaskan pihaknya akan mendorong minat mahasiswa untuk membaca dan untuk meneliti. Caranya adalah menjadikan BI corner menjadi kebutuhan. Jadi tidak harus diperintahkan tetapi pihaknya akan menciptakan kebutuhan mahasiswa seperti mencari jurnal ilmiah , ilmu baru, dan tentang mencari sumber langsung.

    Sementara itu, BI Corner adalah sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ekonomi dan peranan BI. Melalui BI Cornerdiharapkan akan meningkatkan budaya baca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda. (Mahbubah Lubis)

     

     

    Apa Tanggapan Anda?