Home / BISNIS / BI Kembangkan Ekonomi Syariah Sumut

BI Kembangkan Ekonomi Syariah Sumut


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) gencar mengembangkan potensi ekonomi syariah di Sumut. Pasalnya, potensi yang dimiliki Sumut besar, salah satunya dikarenakan banyaknya jumlah pesantren dan pelaku usaha di Sumut.

Hal itu disampaikan Kepala KPw BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat pada acara Road to FESyar 2019 di Medan, Senin (29/7/2019). Ia mengatakan, dari sisi financing perbankan syariah, pertumbuhan kreditnya baru 5,25 persen masih dibawah pertumbuhan kredit yang diberikan perbankan secara keseluruhan.
“Ini yang harus didorong terus karena potensinya besar dan kapasitasnya luas. BI juga terus melakukan pendekatan kepada UMKM yang terkait dengan syariah dan pesantren. Sebab, ini merupakan salah satu sentra untuk kegiatan ekonomi syariah,” jelasnya.
Ia menuturkan, pihaknya turut mengembangkan UMKM yang ada di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan yang telah menghasilkan produk UMKM berupa roti kemasan dan laundry. Ke depan, pihaknya juga akan mengembangkan air kemasan di pesantren tersebut guna mengembangkan produk syariahnya.
“Kita terus mencoba untuk mencari sumber pertumbuhan ekonomi syariah baru, tidak terbatas kepada pesantren. Tetapi juga wirausahawan muda dan UMKM syariah,” katanya.
Di Sumut sendiri, sebutnya, terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan unggulan sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi syariah. Pertama, makanan dan minuman (food and beverage) atau kuliner halal karena makanan dan minuman memberi kontribusi besar kepada PDRB Sumut. Kedua, industri pengolahan seperti industri busana (fashion) halal dan ketiga pertanian halal.
“Pertanian halal contohnya adalah bagaimana kita melakukan usaha produksi beras organik yang tersertifikasi halal. Ke depan, kita juga akan kembangkan pariwisata halal (halal tourism). Untuk pangsa pasar ekonomi syariah di Sumut, saat ini pangsanya mencapai 15 hingga 20 persen. Namun, masih bisa digenjot lagi karena itu masih dilihat dari sisi konsumsi, belum dari sisi produksi dan investasinya,” tandasnya. (Mahbubah Lubis)
Baca Juga:  Blibli.com Memperkuat Posisi Sebagai E-Commerce Terdepan
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up