BINUS Hadirkan IFEST Di Medan Untuk Inspirasi Anak Muda

19

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Bina Nusantarara ( Binus University ) yang merupakan Perguruan Tinggi (PT) terkemuka berakreditasi A di Indonesia menggelar Inspiring Festival (IFEST) di Kota Medan pada Jumat (20/9/2019) di Hotel Santika Premiere.

Corforate Marketing Communication Senior Manager Binus, Haris Suhendra mengatakan  IFEST yang dihadiri hampir 1000 siswa kelas 10, 11, dan 12 dari SMA/SMK dan juga dihadiri masyarakat ini bertujuan untuk menginspirasi anak muda dalam membangun masa depan yang berkualitas dan memiliki kontribusi terhadap masyarakat luas.
Dikatakan, kegiatan ini pertama kali digelar di Pekanbaru, Semarang, kemudian Medan dan disebutkan kegaiatan ini juga  akan digelar di 7 kota lainnya.
Di Medan, IFEST ini menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya  serta teruji mampu untuk menghadirikan perubahan. Salah satunya, Yasa Singgih, Founder Mens Republic. Pria muda wirausahawan muda ini dalam paparannya dihadapan para anak muda di Medna ini mengatakan di usia muda ia sudah menjalankan usaha yang ia dirikan sendiri. Meskipun ia memiliki usaha tetapi ia terus mengenyam pendidikan sampai tamat.
“Awal saya rintis usaha karena salah satu orang tuanya mengalami sakit. Berfikir untuk terus melanjutkan sekolah, saya jualan dan itupula yang mengawali saya membangun usaha,” ungkapnya.
Di usia 19 tahun ia mengaku sudah tidak meminta uang jajan lagi dengan orang tuanya. SMA hanya dibiayai uang sekolah, tapi uang jajan, buku, study tour, seragam dan pulsa semua saya yang nanggung sendiri dari pendapatan saya usaha.
“2011, saya ke tanah Abang pusat grosir fashion mengambil kaos. Dengan uang Rp 700 ribu yang saya peroleh dari kerja part time di Event Organizer (EO) dijadiin modal usaha kaos,” katanya.
Lalu Dikatakan, kaos itu dipasarkan di sekolah dengan cara keliling dari kelas ke kelas, sampai ke ruangan guru. Dan tahun 2012 mulai berkembang karena ia mulai jualan online di Kaskus. Tahun 2012 ia memanfaatkan event bola piala Eropa dan pada saat itu ia dipercaya oleh salah satu supplier baju bola di tanah Abang yang pada akhirnya ia yang masih SMA mampu meraup Rp 30 juta sebulan.
Ceritanya yang sangat menginspirasi itu jelas membuat anak muda Medan terkejut karena diusia muda ternyata ada yang mampu memiliki usaha hingga beromset puluhan juta.
Begitu juga dengan Enrico Hugo, pria muda lulusan Binus yang sangat menginspirasi. Dengan usia muda pria berkulit putih ini juga sudah bisa menginspirasi orang banyak untuk membantu mempertahankan hidup sehat dengan lari. Ia juga sudah memberikan kontribusi buat dunia sebagai  konsultan industri besar.
Dalam kesempatan itu, lebih lanjut Haris Suhendra mengaku dengan digelarnya kegiatan ini pihaknya berharap peserta dapat memiliki pandangan akan masa depan. Salah satunya untuk menyusun masa depan yang Lebih baik dimulai hari ini.
“Saat ini kebutuhan mengenai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kebutuhan utama. Tidak hanya lewat pendidikan, namun SDM yang berkualitas harus dibangun lewat pembangunan karakter.
“Lewat acara ini kita mengeksplorasi semua potensi anak-anak muda dan memberi inspirasi kepada mereka untuk membangun masa depan,” ujarnya.
Sementara itu, Para pakar tersebut diantaranya Tyovan Ari Widagdo (Founder bahasa.com), Yasa Singgih (Founder Men’s Republic), Enrico Hugo (co-founder of cause virtual run), Freddy Jingga (digital business expert), Sofyan (automotive and robotics engineering expert) dan beberapa pakar lainnya. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?