BKKBN Sumut Gelar Pelatihan Enumerator Survei Kinerja Akuntabilitas Program

38

EDISIMEDAN.COM, MEDAN: Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut mengelar enumerator training survey kinerja akuntabilitas program (SKAP) KKBPK Provinsi Sumut Tahun 2019 di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut di Jalan Gunung Krakatau Pulo Brayan Darat Kecamatan Medan Timur.

Muhammad Ancha Sitorus selaku Peneliti dari BkkbN Sumut mengatakan jumlah peserta yang ikut pada pelatihan ini sebanyak 44 orang dari universitas mitra BKKBN, rata-rata mereka mahasiswa tingkat akhir atau yang baru lulus.

“Sebelum kelapangan penting dilakukan pelatihan ini karena nantinya mereka akan melakukan pengumpulan data untuk menilai indikator kinerja BkkbN jadi harus dilakukan pembekalan petugas pengumpul data terlebih dahulu,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya 44 enumerator/ pengumpulan data dipilih melalui proses seleksi terlebih dahulu. Data yang dikumpulkan terkait indikator kinerja BkkbN dalam RPJMN 2015 – 2019 yang terbagi dalam kuesioner rumah tangga, keluarga, wanita usia subur dan remaja. Pengumpulan data dilakukan di 78 cluster di 33 kabupaten/kota. Data ini akan merepresentasikan pencapaian program KKBPK untuk Sumatera Utara. Dan kegiatan ini Dibuka pada Saat lalu oleh PH. Kepala, H.A Sofian Rangkuti, SE, MAP.

“Ada 78 lokasi/cluster di 33 Kab/Kota diantara nya Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kecamatan Sianjur Mula- Mula, Kecamatan Pargeteng Geteng Sengkut. Dikatakan tujuan dilakukan pendataan ini untuk menilai indikator program Kependudukan, Keluarga Berencana (KB ) dan Pembangunan Keluarga,” ucapnya.

Sementara itu, ia berharap agar setiap enumerator mendapatkan pemahaman yang baik terkait substansi materi survey untuk mendapatkan data berkualitas dilapangan. Dan adapun sebagai fasilitator Universitas yangenjadi leader dalam survey ini yakni Dr. Ir. Erna Mutiara, M. Kes. (Mahbubah Lubis)

 

Apa Tanggapan Anda?