Home / SUMUT / BKKBN Sumut Lakukan Monitoring dan Pembinaan Kesrak PKK KKBPK KES Di Nias

BKKBN Sumut Lakukan Monitoring dan Pembinaan Kesrak PKK KKBPK KES Di Nias


EDISIMEDAN.COM, GUNUNGSITOLI-  Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara bersama Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan monitoring dan evaluasi di 2 Kabupaten/Kota di Nias, yakni di Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten  Nias.

Kabid KBKR Perw. BKKBN Prov.Sumut, A.Sofyan Rangkuti, SE, M.AP mengatakan kegiatan yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 23 November 2019 ini bertujuan untuk memantau secara langsung pelaksanaan Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK – KKBPK – Kesehatan dan melihat hasil yang telah dicapai selama satu bulan pelaksanaan Kesrak ini.

“Kita melakukan ini guna memantau dengan turun langsung melihat pelaksanaan kesrak PKK KKBPK dan kesehatan di Nias,” ungkapnya pada Sabtu (23/11/2019)

Dikatakanya juga, dalam kesempatan ini juga Tim Provinsi yang terdiri dari TP PKK, Dinas PPKB, Dinkes, dan Perw. BKKBN Provinsi Sumatera Utara melakukan pembinaan dan menghadirkan pihak terkait seperti BPJS, Dinkes, Kapus, OPDKB dan PKK Kab/Kota dalam rangka menyatukan persepsi tentang pelayanan KB di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga:  Duh, Nenek Ini Dianiaya Kerabatnya Sampai Opname , Pelaku Masih Berkeluyuran

“Dalam kegiatan pembinaan ini dibahas juga kebutuhan obat BMHP yg harus disediakan Dinkes melalui Puskesmas dan pengklaiman jasa medis ke BPJS serta masalah administrasi lainnnya,” ucapnya.

Selain itu Tim Provinsi juga memantau pekan pelaksanaan serentak pelayanan KB MKJP di salah satu Puskesmas guna untuk mengetahui kondisi yg dialami dilapangan seperti tersedianya obat side efek, stock kontrasepsi dan sarana pendukung lainnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pembinaan kepada Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB mengenai tugas dan fungsi setiap seksi dalam Pokja Kampung KB serta memberikan masukan ttg pengelolaan rumah data.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat bertambahnya pengetahuan Pokja Kampung KB tentang tata cara pengelolaan kampung KB khususnya tupoksi setiap Pokja Kampung KB sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan KB serta menjadikan Kampung KB sebagai wadah yang dapat menampung segala manfaat dari kebijakan sektoral dan dapat memberikan manfaaat sebesar-besarnya kepada masyaramat khususnya yang berada di Kampung KB.

Baca Juga:  Bupati Labura Adakan Silaturrahim Akbar Jamaah Tarekat Naqsyahbandiyah

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua dan Wakil ketua PKK Kota Gunung Sitoli, perwakilan dari BPJS, Dinkes Gunung Sitoli, Pokja IV PKK Gunung Sitoli, Dinas P5A Gunung Sitoli, dan PLKB. (Mahbubah Lubis)

 

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up