Home / SUMUT / BKKBN Sumut Minta Masyarakat Agar Bergaya Hidup Sehat Cegah Virus Corona

BKKBN Sumut Minta Masyarakat Agar Bergaya Hidup Sehat Cegah Virus Corona


EDISIMEDAN.COM, MEDAN – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) gencarkan sosialisasi gaya hidup sehat, terlebih dengan kehadiran virus Corona atau Covid-19.


Kasubbag Umum dan Humas Perwakilan BKKBN Sumut, Ari Armawan mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Sumut mengatakan terkait Covid-19 ini, selain gencarkan sosialisasi gaya hidup sehat melalui generasi berencana (GenDre), BKKBN juga mensosialisasikan langkah penggunaan masker yang benar.


“Sejak dua hari lalu, BKKBN sudah sosialisasi cara penggunaan masker wajah yang benar,” kata Ari, Selasa (3/3/2020).
Ari bilang, masker dipakai dengan tujuan pencegahan. Namun sayangnya, banyak yang tidak mengerti cara penggunaan masker yang benar. Jika salah menggunakan, penggunaan masker bukan jadi pencegah virus, namun membuat penyakit.


Langkah yang benar, kata dia, yakni dengan memastikan masker menutupi hidung, mulut, hingga dagu. Tekan melengkung bagian atas masker mengikuti lekuk hidung kita sehingga menutupi sela antara masker dan hidung,” jelas dia.

Baca Juga:  Buronan BNNK Karo Tertangkap di Medan


Selain itu, sambung Ari, jangan pakai masker berulang kali. Usahakan satu masker digunakan maksimal satu hari saja. Dan hindari menyentuh atau menaik-turunkan masker.


“Kenapa? Karena setelah beberapa saat kita pakai masker biasanya bakteri tubuh dan kuman sudah terkumpul dibagian luar dari masker, sehingga berbahaya jika sampai terhirup ke dalam hidung kita. Dan hindari juga untuk menyentuh bagian luar masker,” tutur Ari.


Sebelumnya, Presiden sudah mengumumkan kasus virus corona pertama di Indonesia. Dua warga Depok, Jawa Barat teridentifikasi positif mengidap penyakit mematikan tersebut. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up