Home / NEWS / Bobby Nasution Yakin Kreasi Anak Medan Dongkrak Sektor Wisata

Bobby Nasution Yakin Kreasi Anak Medan Dongkrak Sektor Wisata


EDISIMEDAN.COM, MEDAN: Calon Walikota Medan, Bobby Nasution berharap kreativitas anak Medan bisa mendongkrak sektor wisata di Kota Medan. 

“Kita harapkan (galeri) yang kreatif ini bisa jadi salah satu destinasi wisata. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang harmonis,” tutur Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini, saat bersilaturahmi dengan pemilik SAF Handicraft, Syafri Ali di Jalan Mantri No 16 Medan, Selasa (30/6/2020).

Bobby berharap para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa mewujudkan kembali identitas Medan sebagai Kota Para Saudagar.  “Kita ingin Medan kembali ke zaman dahulu, kota para saudagar dengan perdagangannya,” kata ayah dari Sedah Mirah Nasution ini.
Untuk mewujudkannya, ucap Bobby, harus berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini. “Bersama pemerintah harus bisa sama- sama berkolaborasi. Pelaku UMK teriak bersama-sama (permasalahan,red). Karena selama ini teriaknya satu-satu malah tidak didengar,” jelas penggagas #KolaborasiMedanBerkah ini.

Baca Juga:  Busyro Muqoddas: Hakim Perlu di Reassessment Tiap Lima Tahun

Di Medan, kata dia, kreativitas seni harus dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata. Langkah-langkah terbaik harus diwujudkan agar menarik wisatawan ke Medan, dan mengapresiasi seni Medan.

“Apalagi tidak ada identitas yang jelas di Medan. Tempat datang dan berkumpul anak-anak kreatif Medan juga tidak ada,” tuturnya.

Bobby berkeinginan agar Medan memiliki pasar seperti di Jawa Timur atau Jawa Tengah. Dimana, pasar tidak hanya sebagai tempat transaksi ikan, sayur dan buah. Namun, dimanfaatkan sebagai sarana wisata. 


“Di sana (Jawa Timur dan Jawa Tengah, red), di pasar ada kafe. Memanfaatkan budaya kita, anak-anak muda yang suka nemani orangtua ke pasar. Ada juga pelayanan buat KTP, ada kerajinan juga. Tempat-tempat seperti itu diperbanyak. Bisa jadi media pembinaan, terutama komunitas,” tutur calon walikota yang belum pernah masuk birokrasi ini.
UMKM, terangnya, bisa benar-benar jadi garda terdepan di ekonomi. Bukan hanya omongan saja, tapi ada yang dilakukan.
Di kesempatan ini, Syafri Ali menyampaikan pelaku UMKM Medan memiliki harapan besar kepada Bobby Nasution agar bisa menjadi pemimpin Kota Medan. 

Baca Juga:  Rio Capella Ditahan, Surya Paloh Serahkan Diri ke KPK. Untuk Apa?


“Jika menjadi Walikota Medan, besar harapan kami Bobby bisa sama-sama membangun UMKM lebih baik daripada saat ini,” terangnya.

Kata Syafri, permasalahan UMKM kreatif saat ini adalah kurang sinerginya dengan pemerintah daerah. Sehingga pelaku UMKM mendapat kesulitan dalam memasarkan produknya.

“Kita ada semua. SDM, SDA, pasar punya, uang kita punya. Rencana yang dibuat ada. Tapi kegiatan tidak ada, jadi kesulitan dalam pemasaran,” ungkapnya. 
Karenanya, Syafri berharap Bobby Nasutiobisa membawa suatu perubahan di Kota Medan. UMKM Medan, lanjutnya siap menjadi garda terdepan. Tapi dengan catatan, sinergi dengan pemerintah daerah, itu yang belum terwujud. “Kalau pemerintah bisa bersinergi baik dengan UMKM ke depan kita bisa eksis,” tandasnya. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up