Home / ASAHAN / Bupati Asahan : Maknai Nilai Religius & Edukatif Dalam Seni Nasyid

Bupati Asahan : Maknai Nilai Religius & Edukatif Dalam Seni Nasyid


KISARAN,EDISIMEDAN.com – Festival nasyid merupakan salahsatu upaya positif untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa islami yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Hal itu dikatakan Bupati Asahan H Surya saat membuka pelaksanaan Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020 di Lapangan Bola Kaki Pondok Sukajadi AFD II PT Padasa Kecamatan Teluk Dalam, Selasa (25/2/2020).

Festival Nasyid yang mendapat antusias masyarakat ini diawali dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan,Turut dihadiri Forkopimda Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Para Asisten, OPD, Camat, Kakan Kemenag Asahan, Tokoh Agama, Dewan Hakim serta masyarakat.

H Surya mengajak masyarakat agar memaknai nilai-nilai religius dan edukatif yang terkandung dalam setiap syair dan lirik yang dilantunkan peserta dalam Festival Nasyid.

Baca Juga:  Anggota DPRD Sumut Meninggal, Tim Kab. Asahan Lakukan Pembersihan dan Pendekatan Keluarga

“Karena setiap sentuhan bait kata dalam lirik yang dipadu dengan irama syair dalam lantunan seni nasyid jika kita maknai mendalam dapat menggugah hati dan berpengaruh positif bagi perbaikan sikap dan tingkah laku, ” jelas Surya.Lebih lanjut Surya berharap setiap peserta tidak menjadikan predikat juara sebagai tujuan akhir.

Namun yang terpenting adalah bagaimana seni nasyid dapat berkembang luas di masyarakat dan menjadi sebuah perisai dari budaya yang menyimpang atau tidak sesuai dengan ajaran agama dan adat ketimuran.

Surya juga berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan momentum Festival Nasyid untuk saling mengenal dan membina silaturahmi dengan sesama peserta selain unjuk bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra John Hardi Nasution selaku Ketua Panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan Festival nasyid dilaksanakan tanggal 25 s/d 28 Februari 2020 dan diikuti oleh Kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta 50 group yakni 25 group putra dan 25 group putri.John Hardi mengatakan bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan hadiah berupa tropy dan uang tunai. [rez]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up