Home / NEWSSUMUT / Bupati Karo : Material Vulkanik Sinabung Akan Dimanfaatkan Untuk Bahan Bangunan Berbasis Semen

Bupati Karo : Material Vulkanik Sinabung Akan Dimanfaatkan Untuk Bahan Bangunan Berbasis Semen


Pemerintah Kabupaten Karo dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Kementerian PU PR sepakat menanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan teknologi bahan bangunan berbasis semen dari material erupsi vulkanik Gunung Sinabung.

EDISIMEDAN.com, KARO- Pemerintah Kabupaten Karo dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Kementerian PU PR sepakat menanda tangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan teknologi bahan bangunan berbasis semen dari material erupsi vulkanik Gunung Sinabung.

Penandatanganan nota kepehaman ini dilakukan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dengan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Prof. Dr.Ir. Arief Sabaruddin, CES, di Bandung, Kamis (2/8). Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama Pusat Pemelitian dan Pengembangan Perumahan dan Pemukiman dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo, Ir Paten Purba.

Usai penandatanganan, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Perumahan Wilayah I Medan, Ir Agus Saryono, MM, Kepala Bappeda Kabupaten Karo, Ir Nasib Sianturi, Msi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ir Paten Purba dan Kabag Otda Pemkab Karo, Robinson Brahmana menjelaskan bahwa pengembangan teknologi bahan bangunan berbasis semen dari material vulkanik gunung Sinabung akan dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan di tahun 2018 ini.

Baca Juga:  38 Anggota DPRD Sumut jadi Tersangka, Beredar Spanduk Ini di Depan Gedung DPRD Sumut

Menurut pemaparan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, pasir gunung api sangat baik digunakan untuk bahan beton. Ujung silika yang runcing membentuk partikel yang memiliki sudut dapat membuat ikatan pasir gunung api dengan semen menjadi lebih kuat. Jika pasir biasa yang memiliki ujung bulat, kekuatan ikatannya dengan bahan pembuat beton lainnya lebih lemah.

“Nantinya, debu vulkanik Sinabung akan dimanfaatkan menjadi bahan bangunan berbasis semen. Rencananya, gedung unit produksi akan dibangun di kompleks workshop Dinas PUPR, Desa Korpri Kecamatan Berastagi. Selanjutnya di tahun 2019 direncanakan membangun rumah contoh yang berasal dari abu vulkanik Gunung Sinabung. Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga nantinya masyarakat kita diseputaran Gunung Sinabung bisa terbantu ekonominya,”ujar Bupati.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Prof. Dr. Ir. Arief Sabaruddin, CES dalam sambutannya mengungkapkan, pasir yang terkandung dalam material vulkanik yang dimuntahkan gunung api, termasuk Gunung Sinabung, merupakan pasir kualitas terbaik untuk bahan bangunan. Disamping sangat bagus sebagai bahan bangunan, debu gunung berapi sangat baik digunakan untuk mengembalikan kesuburan tanah.

Baca Juga:  Sambut Idul Fitri, Terkelin Perintahkan Jalan Menuju Objek Wisata di Karo Segera Diperbaiki

Dijelaskannya, selain silika, pasir gunung api juga memiliki kandungan besi (FeO). Kandungan besi pasir gunung api sangat baik karena belum mengalami pelapukan sehingga baik untuk campuran bahan bangunan. “Pasir gunung api juga memiliki kandungan lempung yang sangat sedikit. Selain membuat beton semakin kuat, sedikitnya lempung juga akan meningkatkan daya tahan beton dan membuat tingkat kekeroposan beton lebih rendah,” ucapnya.

Usai penandatanganan MoU terkait pengembangan teknologi bahan bangunan berbasis semen dari material erupsi vulkanik Gunung Sinabung dilanjutkan dengan saling tukar cendra mata antara Pemkab Karo dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan. (Anita)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up