Caleg DPR-RI M Husni Prihatin Kehidupan Penyandang Kusta

71
M Husni,SE (pakai peci hitam) diabadikan bersama warga penyandang kusta di Sicanang Belawan Sumatera Utara, Selasa (12/3)

EDISIMEDAN.COM, MEDAN – Pemerintah harus mendapat perhatian serius terhadap warga penyandang kusta Sicanang Belawan terutama terhadap kebutuhan mereka sehari-hari agar mereka tetap betah di lokasi huniannya.

“Jika kebutuhan warga ini selalu terpenuhi mereka akan lebih betah tinggal di tempat tidak menjadi peminta-minta di jalan raya yang sangat memprihatinkan,” kata Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, M Husni,SE usai berkunjung ke Sicanang Belawan, Selasa (12/3).

Dia mengaku melihat beberapa penyandang kusta menjadi peminta-minta di setiap persimpangan lampu pengatur lalulintas terutama di kota Medan bahkan dikhawatirkan  tersenggol kendaraan yang lalulalang. Karena itu pemerintah lebih meningkatkan perhatian dan penertiban agar warga ini betah di lokasi huniannya.

Husni mengakui Indonesia sudah mencapai target eliminasi kusta secara nasional, yakni angka prevalensi kusta sekitar 10.000 penduduk pada tahun 2000. Angka prevalensi tersebut saat ini 0,78 per 10.000 penduduk. Angka ini harus dilanjutkan dengan pencapaian eliminasi kusta di tingkat provinsi.

“Pemerintah juga harus mengantisipasi timbulnya kasus baru kusta di berbagai daerah terutama terhadap anak-anak. Karena semua kita tahu bahwa kusta atau lepra bukan penyakit keturunan, tapi penyakit menular/infeksi menahun disebabkan bakteri yang dapat disembuhkan,” ujar caleg nomor urut 5 ini.

Husni menyatakan, jika ia terpilih dalam pesta demokrasi 17 April mendatang insya Allah siap memperjuangkan nasib warga penyandang kusta di Sicanang yang kini berjumlah 122 kepala.

“Saya siap memperjuangkan kondisi perekonomian saudara-saudara kita,” kata tokoh muda ini.

Dalam kunjungannya ke Sicanang, Husni didampingi tim suksesnya mensosialisasikan tatacara pemilihan umum sekaligus menyerahkan  kitab suci Al-Quran. [fur]

Apa Tanggapan Anda?