Ceramah di UISU, Ustad Somad Beberkan Ciri Pemimpin Masa Depan

98
Ustazd Somad pada kegiatan tabligh akbar dalam rangka syukuran UISU memperoleh peringkat I Perguruan Tingkat Swasta di Kopertis wilayah I Sumatera Utara, Jumat, di kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Ustadz Abdul Somad, LC, MA menyatakan rasa optimisnya bahwa Universitas Islam Sumatera Utara mampu melahirkan pemimpin muda masa depan yang beriman untuk bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Kalau mau mendapatkan generasi muda yang baik dan beriman, maka masukkanlah anak-anak kita kuliah ke UISU,” kata Ustazd Somad pada kegiatan tabligh akbar dalam rangka syukuran UISU memperoleh peringkat I Perguruan Tingkat Swasta di Kopertis wilayah I Sumatera Utara, Jumat, di kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Sekitar 5000 an jamaah yang terdiri dari mahasiswa, ibu-ibu pengajian dan masyarakat dari berbagai daerah hadir dalam kegiatan itu. Sedangkan dari UISU hadir Rektor UISU, Prof. Dr. Mhd Asaad, Msi, Ketua Umum Yayasan Prof. Dr. Zainuddin, MPd, Ketua Pembina Raja Muda, Ketua Umum DPP IKA UISU, Musa Rajeksha, Selain itu juga hadir seluruh pimpinan Universitas, Lembaga, Fakultas dan Program Studi di lingkungan UISU.

Menurut Somad, berbicara Indonesia ke depan, maka negeri ini perlu menghadirkan kembali pemimpin berusia muda yang cerdas untuk membawa bangsa ini kepada kemajuan, menuju suatu peradaban gemilang, mengangkat citra, harkat dan martabat di mata dunia.
Indonesia perlu sosok pemimpin muda cerdas, religious dan visioner untuk menghantarkan bangsa ini menjadi kuat dan bermartabat di mata dunia.

Sosok pemimpin muda yang mampu membangkitkan semangat juang rakyatnya untuk membangun peradaban.

“Negeri kita sangat kaya dengan sumber daya alam, tetapi sampai saat ini penduduknya belum sejahtera. Karena itu diperlukan generasi muda yang cerdas yang mampu mengelola sumber daya alam tersebut,” ucapnya.

“Hendaklah kita memilih pemimpin yang peduli akan Islam,”kata Ustadz Somad di hadapan ribuan jamaah yang hadir.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad menyampaikan lima hal yang harus dimiliki generasi rabbani, yakni; harus memiliki akidah yang kokoh, akhlak yang baik, istiqomah dalam beribada, bekerja sama dan mandiri.

“Dengan lima hal ini, insyaAllah akan lahir generasi rabbani yang kedepannya akan menjadi pemimpin yang selalu membela agamanya dan mencintai para ulama,” terang dai asal Riau tersebut.

“Kalau mencari pemimpin harus yang masih muda, namun bukan berarti yang tua ditinggalkan. Yang tua tentu lebih banyak makan asam garamnya,”kata Ustadz Somad di hadapan ribuan jamaah

Menurut Somad, ada lima kriteria dalam mencari pemimpin yang harus diperhatikan. Pertama seorang pemimpinan itu harus memiliki iman yang kuat, kedua memiliki akidah yang baik. Ketiga ibadah yang mantap, ke empat memiliki akhlak yang baik, dan kelima tidak sombong.[top]

Apa Tanggapan Anda?