Home / / Ciptakan Kampus Nyaman, Unimed Punya Layanan Terbaik dan Fasilitas Membuat Mahasiswa Dan Dosen Betah Di Kampus

Ciptakan Kampus Nyaman, Unimed Punya Layanan Terbaik dan Fasilitas Membuat Mahasiswa Dan Dosen Betah Di Kampus


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Dalam memilih perguruan tinggi, kualitas pendidikan memang jadi hal yang utama. Hanya saja, tak bisa dipungkiri kalau universitas atau kampus yang punya arsitertur dan pemandangan yang indah bisa menjadi poin penting dalam mendukung kenyamanan pada proses belajar.

 
Universitas Negeri Medan (Unimed) salah satunya, sebagai universitas negeri di Medan, Unimed terus berbenah dalam hal memberikan kenyamanan bagi mahasiswa maupun para dosen dan pekerja di dalamnya. Sehingga tidak heran universitas yang berdiri pada 23 Juni 1963 ini terus menjadi pilihan.
 
Kepala Humas Unimed, Muhammad Surip, M. Si
Kepala Humas Unimed, Muhammad Surip, M. Si mengatakan dalam menciptakan rasa nyaman dikampus yang terletak di jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate itu adalah mengutamakan layanan, layanan membuat nyaman belajar, nyaman membaca, nyaman diskusi, sharing informasi terkait materi perkuliahan dan juga membuat mahasiswa nyaman berdiskusi dengan dosen.
“Itu semua harus dilakukan oleh semua kampus karena  Perguruan Tinggi itu mempunya kewajiban membuat nyaman belajar. Dikampus itukan bukan hanya ada mahasiswa melainkan juga ada dosen. Jadi dosen juga harus dibuat nyaman untuk melaksanakan tupoksinya sebagai dosen,” jelasnya.
Disebutkannya, Bukan hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS ) juga harus seperti itu baik dari sisi layanan. Ditegaskannya, perguruan tinggi tidak boleh tidak memiliki fasilitas. Apalagi yang di ruko-ruko itu sebenarnya tidak memenuhi standard perguruan tinggi.
Lanjutnya, Semua perguruan tinggi termasuk Unimed, yang dirancang itu adalah membuat dosen dan mahasiswa nyaman untuk berada di kampus. Pihaknya sendiri untuk menciptakan kenyamanan di kampus ada beberapa hal penting yang dilakukan.
Disebutkannya, yang pertama adalah Fasilitas belajar. Ruang Dosen dan mahasiswa bersih, tidak panas, ada hiasan dinding, tidak banyak kabel yang berseliweran, dan menyediakan charger buat mahasiswa.
Dari sisi laboratorium harus memadai, menggunakan alat-alat kekinian yang benar-benar dibutuhkan mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmunya di laboratorium.
“Unimed mengeluarkan milyaran rupiah untuk menyediakan fasilitas laboratorium yang nyaman, kita sudah terbaru, sejak tahun 2018 fasilitas lab kita sudah baru,” ujarnya.
Ketiga yang terpenting juga adalah library atau perpustakaan. Jantungnya kampus ini dikatakannya  harus nyaman. “Perpustakaan kita sudah digital. Ac nya bagus, faslitas, ruang belajar, WiFi gratis, tempat penyimpanan barang sudah digital. Perpustakaan kita sudah memberikan pelayanan terbaik dari sisi sumber belajar dan sarana belajar,” katanya.
Dari sisi lingkungan, dikatakanya Unimed setiap tahun mendapat penghargaan kampus hijau berturut turut . Bukan hanya dari sisi pengelolaan alamnya tapi juga dalam pengelolaan sampah.
Unimed dikelilingi pohon-pohon rindang yang mampu menyumbang ogsigen buat Kota Medan
“Kita sudah punya mesin khusus dalam mengolah sampah, ada mesin pengolah sampah dan hasilnya kita berikan kepada petani disekitaran kampus untuk digunakan sebagai pupuk,” katanya.
Selain itu, banyaknya pepohonan dikatakanya kampus ini juga menyumbang ogsigen bagi kota Medan. “Konsep kita adalah hijau, sehingga orang orang nyaman disini karena ogsigennya sangat segar yang dihasilkan dari pepohonan besar di kampus ini,”
Rindangnya pepohonan yang menciptakan suasana sejuk membuat sejumlah titik di kampus ini menjadi tempat mahasiswa berkumpul.
“Seperti di depan Gedung  Auditorium, disana kan dingin, jadi kalau perkuliahan aktif, banyak mahasiswa disana melakukan aktivitas belajar, diskusi dan sharing informasi,” ucapnya.
Di kampus ini, Joglo belajar di belakang gedung rektorat. Di lokasi ini juga menjadi pilihan mahasiswa untuk mengerjakan tugas.
Kemudian di kawasan stadion unimed juga menjadi pilihan yang nyaman. Dan juga ada zina Hijau. Kampus hijau di Medan adalah Unimed.
“Kampus yang membuat nyaman adalah layanan dibaguskan dan dilengkapi,” ucapnya
Dua mahasiswa memanfaatkan Joglo Belajar menyelesaikan tugas-tugas kuliah.
Salah seorang mahasiswa, Alfenti yang tengah mengerjakan tugas di Joglo Belajar ditengah rindangnya pepohonan besar mengaku sangat senang dengan adanya fasilitas tersebut. Dikatakanya, joglo belajar itu membuatnya lebih nyaman mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.
“Sangat bagus, apalagi tempat ini berada dibawah pohon jadi sangat segar tidak pengap, disini juga bebas dan nyaman. Biasanya saya disini mengerjakan tugas pukul 10.00 wib jika waktu saya kosong,” ucap mahasiswa fakultas FMIPA yang mengaku sedang sibuk menyelesaikan skripsi ini.
Hal yang sama juga diakui oleh Sirilus Purba, mahasiswa asal Fakultas Ilmu Keolahragaan ini. Dikatakannya Unimed mmerupakan kampus yang nyaman, dingin karena banyak pepohonan rindang. Apalagi ada Joglo Belajar yang dibangun di tengah-tengah pepohonan besar-besar sehingga dikatakannya sangat  cocok sebagai tempat mengerjakan tugas karena situasinya nyaman dan jauh dari keributan juga  udaranya yanh sejuk membuatnya betah. ” jadi kalau mengerjakan tugas bisa lebih tenang disini, udaranya sejuk, dan tenang,” tandasnya.
Sementara itu kampus yang memiliki motto The Charakter Building University ini masih menjadi satu-satunya kampus hijau di Kota Medan. Kampus yang dikelilingi pohon-pohon besar yang didominasi pohon jati. (Mahbubah Lubis)
Baca Juga:  LLDikti Sebut Unpab Tua-Tua Keladi
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up