Home / NEWSSUMUT / Dampak Erupsi Dahsyat Gunung Sinabung, 30 Ribu Hektar Lebih Tanaman Warga Gagal Panen

Dampak Erupsi Dahsyat Gunung Sinabung, 30 Ribu Hektar Lebih Tanaman Warga Gagal Panen


ERUPSI.Erupsi dahsyat Gunung Sinabung pada Senin (19/2/2018) kemarin menyebabkan perkebunan warga di Desa Cimbang, Kecamatan Payung, rusak total.[edisimedan.com/istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Erupsi dahysat Gunung Sinabung pada Senin, 19 Februari 2018 kemarin menyebabkan areal pertanaman seluas 30.320,8‎ hektar‎ terancam gagal panen.‎ Areal pertamanan yang terdampak erupsi itu berada di 8 Kecamatan di Kabupaten Karo.

“Jadinya, ada 8 Kecamatan terdampak erupsi Gunung Sinabung dengan areal pertanaman, yang terdampak erupsi seluas Seluas 30320,8‎ hektar,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Sarjana Purba di Medan, Rabu (21/2/2018).

Sarjana menjelaskan dari luas pertanaman 30.320,8‎ hektar, terdampak dari abu vulkanik Gunung Sinabung, terdiri lahan pertanian berupa pangan yang terdampak diselimuti abu vulkanik seluas 15.913 hektar, Holticutura 2.630 hektar dan Perkebunan‎ 11.770‎ hektar.

Berita Terkait

Pasca Erupsi Besar, Perkebunan Warga di Desa Cimbang Rusak Total

Erupsi Gunung Sinabung Akibatkan 5 Kecamatan di Karo Gelap Gulita

“Sisanya, areal pertamanan dari berbagai jenis tanaman. Untuk pangan seperti Padi, jagung dan kedelai. Holticutura ‎seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dan Perkebunan Kopi, tembakau dan lain-lainnya,” kata Sarjana.

Baca Juga:  Beredar Video, JR Saragih Ajak Pendukung Menangkan Pasangan Djarot-Sihar

Untuk diketahui, Erupsi Gunung Sinabung diawal pekan ini, merupakan letusan Sinabung terbesar di tahun 2018 ini. Dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer dan awan panas dengan luncuran mencapai 4,9 kilometer. Namun, dalam bencana alam ini, dilaporkan tidak menimbulkan korban jiwa.

Delapan kecamatan di Kabupaten Karo terdampak erupsi, yakni Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Payung, Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Munthe, Kecamatan Tigabinaga dan Kecamatan Juhar.

“Dua Kecamatan areal pertanamannya terparah terdampak erupsi Gunung Sinabung Kecamatan Payung dan Tiganderket,” pungkas Sarjana. [ska]

Terkait


Berita Terbaru