Datuk Buka Turnamen HiMAS Futsal Cup

    1
    363
    DATUK H Syamsul Arifin (tengah) berfoto bersama dengan pengurus dan panitia Turnamen HiMAS Futsal Cup 2017 seusai membuka kegiatan olahraga tersebut di Lapangan Futsal The Kop Medan, Sabtu (11/11/2017)

    EDISIMEDAN.com, MEDAN – Mantan Gubernur Sumatera Utara, Datuk H Syamsul Arifin mengatakan meski Himpunan Masyarakat Aceh Serantau (HiMAS) masih sebuah organisasi kecil, namun aktivitasnya sangat menggembirakan generasi muda.

    “Sejak HiMAS lahir tahun 2006 sarat dengan berbagai kegiatan di tengah masyarakat termasuk di bidang olahraga sehingga perlu diapresiasikan,” katanya ketika membuka Turnamen HiMAS Futsal Cup 2017 di Lapangan The Kop Jalan Gunung Krakau Medan, Sabtu (11/11/2017).

    Dia menyebutkan, HIMAS tumbuh dari bawah atau akar rumput, bukan dari atas. Justru itu semangatnya cukup positif. Ke depan diharapkan organisasi sosial ini harus ada kaderisasi sehingga terus berkembang pesat.

    “Bayangkan seperti hari ini hampir 500 anak muda ikut ambil bagian dalam olahraga futsal yang dapat mendorong mereka lebih sportif di samping menjalin silaturahmi sekaligus menghindari ancaman narkoba,” ujar Datuk yang juga Ketua Dewan Pembina HiMAS Sumatera Utara ini.

    Dia mengimbau anak-anak muda harapan bangsa agar rutin berolahraga karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat atau dalam bahasa Latin Mens sana in corpore sano. Jika kita tidak sehat, pikiran tidak sehat selalu kita memfitnah. Jiwa sehat organisasi juga sehat,” tambah Datuk.

    Ketua panitia, Iskandar Agani ST didampingi Sekretaris Ir Zulfikar menjelaskan, turnamen ini diikuti 36 tim futsal dengan memperebutkan piala bergilir HiMAS dan hadiah pertama Rp10 juta, juara II Rp7,5 juta, juara III Rp5 juta dan juara IV Rp1 juta. Sedangkan top scor dan the best player masing-masing Rp700 ribu.

    “Untuk mencari bibit baru futsal ke depan HiMAS akan menjalin kerjasama dengan Dispora Sumut agar jangkauan lebih luas di kalangan pelajar, siswa, mahasiswa dan umum. HiMAS Futsal Cup digelar setiap 2 tahun sekali,” katanya seraya menyebutkan kegiatan ini berlangsung pada 11-12 dan 18-19 November.

    Ketua Umum DPP HiMAS Sumut, T Khairul Basyar SSos MM didampingi Sekretaris Umum Darmawan Arfa SE, mengatakan pihaknya akan terus mendorong semangat dan sportivitas generasi muda melalui olahraga ini.

    “Melihat perkembangan teknologi dan informasi sekarang yang begitu pesat setiap organisasi harus memiliki rasa tanggungjawab dalam membina anak-anak muda melalui berbagai kegiatan positif,” tambahnya dalam acara ini juga dihadiri mantan Ketua Umum HiMAS Sumut, Tar M Samalanga. [ded]

    Apa Pendapat Anda?