Home / NEWS / Di Bandung, 9 Kepala Sekolah Dipecat Gegara Pungli. Walikota Medan Diminta Tegas

Di Bandung, 9 Kepala Sekolah Dipecat Gegara Pungli. Walikota Medan Diminta Tegas


EDISIMEDAN.com, BANDUNG – Walikota Bandung Ridwan Kamil, Kamis (20/10/2016), memberhentikan sembilan kepala sekolah yang berdinas di beberapa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di daerah itu.

Sembilan kepala sekolah tersebut terbukti menarik pungutan liar setelah petugas menemukan aliran dana secara ilegal berdasarkan penyelidikan dalam tiga bulan terakhir.

“Kurang lebih ada 19 sekolah yang diperiksa, diselidiki. Yang melakukan pelanggaran keras, yakni ada sembilan kepala sekolah dan diberhentikan,” tutur Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat jumpa pers di Pendopo Kota Bandung, Kamis (20/10/2016) kemarin.

Emil menuturkan, pihaknya telah mencurigai praktik curang sejak pelaksanaan PPDB 2016 lalu. Modus pungli adalah dengan cara penerimaan mutasi siswa.

BACA JUGA
Walikota Medan: Kalau Masih Pungli, Berarti Mereka Tidak Mau Bersama Saya

“Selama tiga bulan kemarin, kita melakukan penyelidikan bersama inspektorat dan mendapatkan aduan dari masyarakat,” tutur dia.

Baca Juga:  Lima Hal Dibalik Penetapan Tersangka Gatot yang Jarang Diketahui Publik

Selain memberhentikan secara tidak hormat sembilan Kepsek, orang nomor satu di Kota Bandung juga menjatuhkan sanksi untuk lima kepala SDN. Sanksi berupa skorsing tidak boleh menjabat selama tiga bulan.

Selanjutnya, dia juga merekomendasikan lima kepala sekolah SMAN kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ditindaklanjuti. Karena sekarang ini, keputusan sanksi atau pemecatan terhadap Kepala Sekolah  tingkat SLTA ada di tangan Gubernur. [ded|liputan6.com]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up