Home / NEWSSUMUT / Diduga KM Sinar Bangun , Basarnas Temukan Dua Titik Objek di Kedalaman 490 Meter Danau Toba

Diduga KM Sinar Bangun , Basarnas Temukan Dua Titik Objek di Kedalaman 490 Meter Danau Toba


Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi

EDISIMEDAN.cpom, TIGARAS- Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi mengatakan ada objek yang ditemukan pada kedalaman 490 meter, Minggu (24/6). Dua objek itu ditemukan menggunakan alat canggih milik Tim SAR Gabungan.

Sedangkan koordinatnya berada di 2 Km dan 2,5 km arah barat daya dari pelabuhan.

“Kita masih mau proses apakah yang ada di dalam ini adalah KM Sinar Bangun apa enggak, kita belum tahu. Lokasinya sudah kita kasih tanda pakai jangkar,” kata Syaugi tak lama beersandar di Pelabuhan Tigaras.

Ditanya lebih jauh, dia menegaskan belum bisa memastikan objek itu. Namun katanya, dua objek yang ditemukan berbeda dengan citra dasar danau.

“Bentuknya silhouette (bayangan hitam) melungker itu mirip kapal,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Syaugi, tim ahli akan memeriksa temuan itu. Hingga kini kapal yang membawa alat multibeam belum juga bersandar. Kapal iti masih memastikan kedua objek yang ditemukan.

Baca Juga:  Lewat GoGames, Gojek Beri Kemudahan Bagi Pecinta Games dan Esports

“Mohon doanya. Kalau itu tidak betul kita cari lagi. Saya belum lepas pakaian saya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur PT Mahakarya Geo Survey Henky Suharto menyebut penemuan objek diduga bangkai kapal diperkirakan sekitar pukul 11.22 WIB. Kapal ditemukan di koordinat 2 deg 47’ 3.835 N, 98 deg 46’ 10.767 E. Kapal berada di kedalaman 450 meter.

“Kami menyerahkan hasilnya kepada pihak berwenang untuk langkah strategis berikutnya,” kata Henky.

Dia menjelaskan persentasi kemungkinan itu adalah KM Sinar Bangun yang tenggelam adalah 95 persen. Menimbang, di sekitar lokasi tidak ada penemuan dalam bentuk lain.

“Kalau dari data yang kami terima, tidak ada kesulitan sama sekali untuk penemuannya,” katanya.

Dia juga mengungkap soal bentuk permukaan dasar Danau Toba. Dia menganalogikan Danau Toba seperti sebuah kuali. “Kalau ambil garis lurus dari pelabuhan itu seperti kuali,” pungkasnya. [ska]

Terkait


Berita Terbaru