Home / MEDAN TODAY / Dinas Kominfo Kota Medan Terus Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Soal Prokes dan Vaksinasi

Dinas Kominfo Kota Medan Terus Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Soal Prokes dan Vaksinasi


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan terus memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan (prokes) dan keamanan akan vaksin Sinovac.

Kadis Kominfo Kota Medan, Zain Noval menyebutkan tugas Kominfo di masa covid-19 ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa vaksinasi tersebut cukup aman dan dibutuhkan untuk masyarakat.

“Memang pemberian vaksin saat ini ada tahapannya, dan memang yang diberikan vaksin pertama adalah tenaga kesehatan (nakes). Karena nakes ini sebagai benteng kita. Kalau memang nanti nakes ini hampir seluruhnya sudah divaksin dan kita bilanglah sudah kebal mereka maka bisa menjadi benteng kita,” ucapnya saat dijumpai di ruangannya, Selasa (19/1/2021).

Untuk edukasi ini, sambung Zein, Diskominfo Kota Medan memberikan edukasi dan sosialisasi berdasarkan kebijakan dan aturan dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga:  Agenda di Pondok Ramadhan, Mulai dari Lomba Adzan Hingga Rhoma Irama

“Setiap ada imbauan dari sana ya kita repost berita-berita tadi melalui media sosial dan web resmi kita. Pada intinya data update Covid-19 yang ada dikita bisa diakses masyarakat sepenuhnya. Kita harapkan masyarakat bisa paham karena pola masyarakat saat ini harus bersahabat akan Covid-19 namun masih banyak yang menganggap Covid-19 ini tidak ada atau acuh tak acuh,” terangnya.

Padahal menurut Zein, bila masyarakat tertular maka akan terjadi klaster baru, artinya klaster keluarga ini bisa membahayakan. “Kalau kita orang dewasa ini masih bisa diarahkan untuk minum obat atau konsumsi makanan bergizi. Sedangkan bila tertular pada anak-anak ini susah kita. Karena kalau sakit susah dia makan. Ini yang kita khawatirkan. Apalagi bila sudah tertular pada lansia,” jelasnya.

Diingatkannya hingga saat ini perlu ditekankan bahwa Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat. Maka wajib mematuhi protokol kesehatan yang kini menjadi pola hidup masyarakat.

Baca Juga:  Akhyar Harap PSMS Medan Kembali Berlaga Di Liga I

“Sangat mudah mematuhi protokol kesehatan 3M dengan disiplin yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Kalau kita batasi aktivitas masyarakat ini kan gak bisa seperti berjualan bisa hancur ekonomi kita,” sebutnya.

Zein juga berharap sosialisasi juga terus dilakukan oleh pemuka agama serta tokoh-tokoh masyarakat di lingkungan terkecil terutama pada kepala lingkungan dan lurah. “Semua kita berperan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Maka kita harus terusĀ  meningkatkan dan melakukan peningkatan protokol kesehatan 3M. Sebab bila masyarakat tertib dalam menjalankan 3M kemungkinan aktivitas kita akan berjalan aman seperti biasa,” tandasnya. (bd)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up