Diperiksa di Kejatisu, Tiga Anggota Dewan Kembalikan Uang Suap

20
Febri Diansyah, Juru bicara KPK

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima pengembalian uang dari tiga orang anggota DPRD Sumatera Utara. Total uang yang dikembalikan ketiganya sekitar Rp 350 juta. Pengembalian itu dilakukan pada Selasa (22/5/2018) kemarin.

Ketiganya merupakan bagian dari 22 mantan ataupun anggota DPRD Sumut yang diperiksa di Kantor Kejati Sumut pada Selasa  kemarin

“Uang tersebut telah disita sebagai bagian dari berkas perkara penyidikan ini,” ujar Febri dalam siaran persnya, Rabu (23/5/2018).

BERITA TERKAIT 

Tidak Lagi di Mako Brimob, KPK Periksa Saksi Kasus Suap Mantan Gubsu di Kantor Kejati Sumut

Dalam keterangannya, Febri tidak merinci siapa saja yang mengembalikan uang tersebut. Namun katanya KPK menghargai niat baik pengembalian uang dan sikap kooperatif memberikan keterangan dari pihak-pihak yang diperiksa.

“Meskipun KPK telah memetakan dan mengetahui persis siapa saja penerima uang dalam kasus ini, namun hukum tentu dapat memberi ruang pertimbangan meringankan jika pelaku kooperatif,” kata dia.

Dalam siaran pers itu juga disebutkan pada Rabu hari ini, KPK akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap 23 saksi di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

“Setelah kemarin lakukan pemeriksaan terhadap 22 saksi, hari ini diagendakan pemeriksaan terhadap 23 saksi yang sebagian besar menjabat anggota DPRD Sumut,” papar Febri.

KPK sebelumnya telah menerima penyerahan uang sebesar Rp 3,7 miliar selama proses penyidikan terhadap 38 anggota DPRD Sumatera Utara.

KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019 sebagai tersangka kasus suap itu.

Mereka yang jadi tersangka adalah Rijal Sirait, Rinawati Sianturi, Rooslynda Marpaung, Fadly Nurzal, Abu Bokar Tambak, Enda Mora Lubis, M Yusuf Siregar.

Kemudian, Muhammad Faisal, DTM Abul Hasan Maturidi, Biller Pasaribu, Richard Eddy Marsaut Lingga, Syafrida Fitrie, Rahmianna Delima Pulungan, Arifin Nainggolan, Mustofawiyah, Sopar Siburian, Analisman Zalukhu, Tonnies Sianturi, Tohonan Silalahi, Murni Elieser Verawaty Munthe, Dermawan Sembiring.

Lainnya, yakni Arlene Manurung, Syahrial Harahap, Restu Kurniawan Sarumaha, Washington Pane, John Hugo Silalahi, Ferry Suando Tanuray Kaban, Tunggul Siagian, Fahru Rozi, Taufan Agung Ginting, Tiaisah Ritonga, Helmiati, Muslim Simbolon, Sonny Firdaus, Pasiruddin Daulay, Elezaro Duha, Musdalifah, dan Tahan Manahan Panggabean. [ska]

Apa Tanggapan Anda?