Home / SUMUT / Dirjen Kemendagri, Gubsu Dan Tim inflasi Pantau Harga Pangan Di Pusat Pasar

Dirjen Kemendagri, Gubsu Dan Tim inflasi Pantau Harga Pangan Di Pusat Pasar


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian pPerdagangan, Veri Anggrijono bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan juga Tim Inflasi Daerah (TPID) melakukan pemantauan harga pangan di Pusat Pasar Kota Medan pada Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 08.30 wib.

Pemantauan harga pangan ini guna melihat stabilitas harga pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 yang sudah mau dekat itu.

“Kita melakukan koordinasi dengan Pemda-pemda setempat dalam rangka mengamankan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Alhamdulillah koordinasi yang kita lakukan dengan Pemda Sumut baik dengan tingkat Provinsi maupun Kabupaten kota semua aman,” ungkapnya disela-sela memantau harga pangan itu.

Dikatakannya, apabila nanti ada indikasi kenaikan harga komoditi dikatakannya tegas pihaknya akan melakukan operasi pasar. Sampai saat ini disimpulkanya harga pangan masih sebatas normal.

Dalam Pemantauan itu, ditemukan sejumlah beras berlogo beras Bulog yang dijual pedagang berbau apek, ini disebutkannya pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemda setempat. “Kita mengharapkan menjelang Nataru semua masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terutama kaum ibu bisa berbelanja dengan lega,” jelasnya.

Baca Juga:  Bah! Bendera Merah Putih Berkibar Terbalik di Mapolsek Siantar Marihat

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi juga mengaku pada umumnya harga pangan tidak ada yang bermasalah. Semua masih sesuai dengan demain dan suplayernya jadi tidak ada masalah.

“Hanya kita temukan beberapa yang harus kita tertibkan. Mudah-mudahan nanti selesai Natal dan Tahun Baru 2020 tidak ada masalah karena barang yang kita siapkan baik itu cabai, bawang merah, bawang putih, daging, telur semua tidak ada masalah,” ucapnya.

Namun ia tidak menampik bahwa ada persoalan sedikit sedikit yang ia temukan pada harga pangan jenis ikan-ikanan. “Hanya saja diantaranya yang tengah hangat saat ini yaitu isu Hog cholera sehingga orang meningalkan makan ikan ke jenis makanan lain seperti daging, telur dan ayam itupun dikatakannya tidak signifikan,” ucapnya

Sehingga ia menghimbau kepada masyarakat, Hog Cholera yang menjadikan matinya babi tidak berpengaruh dengan binatang lain begitu juga tidak berpengaruh dengan tumbuhan-tumbuhan. Apalagi Saat ini kondisi yang sempat mengkhawatirkan masyarakat Sumut itu dikatakan sedang dalam proses pemulihan.

Baca Juga:  Kerap Dilanda Banjir Kala Hujan Deras, Warga di Kecamatan Lotu Minta Perhatian Pemda Nisut

“Saya minta masyarakat tetap makan ikan. Karena ikan ini snagat berguna bagi tubuh dan kesehatan,” ucapnya.

Menanggapi isu defisit beras, Gubsu membantah dan menegaskan bahwa stokn beras di Sumut aman, inipun diungkapkannya setelah menanyakan kepastiannya kepada Kepala Bulog dan tim inflasi lainnya yang ikut serta dalam giat pemantauan harga pangan itu.

Temuan ada beras yang bau dipaparkan nya memang ada beras Bulog yang dijual di pusat aromanya berbau apek yang diduga sudah terlalu lama dan juga penyimpanan yang tidak sesuai tempatnya hingga menimbulkan bau.”hanya 1 atau 2 goni nanti kita tindaklanjuti,” ucapnya.

menyikapi ada harga sejumlah komoditi yang naik pihaknya berjanji akan melakukan operasi pasar dan akan menelusuri apa yang menjadi penyebabnya.

“Kadang kadang pedagang ini ada nakal nakalnha juga jadi harus selalu kita awasi,” katanya.

Baca Juga:  Daftar di Gerindra, Ajie Karim Geser Peta Politik Binjai 2020

Untuk harga kebutuhan pokok yang terpantau, Cabai Merah saat ini dikisaran harga Rp 18 ribu/kg sampai Rp 20 ribu/kg. Untuk pasokan kebanyakan dari Aceh. Cabai hijau Rp 20 ribu, Bawang merah Rp 26 ribu sampai Rp 28 ribu, bawang putih Rp 26 ribu, tomat Rp 7 ribu

Salah seorang pedagang, Gambas Boru Purba mengatakan pasokan diakuinya dalam kondisi aman. Pedagang tidak kesulitan untuk mencari barang. “Barang ada saja, tiap hari barang berganti,” ucapnya. (Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up