Dirpolair Rayakan Ulang Tahun Ke 68

7
Suasana perayaan HUT ke 68 Dirpolairdasu di halaman Mako Ditpolairdasu Jalan TM Pahlawan Belawan, Selasa (04/12/2018). [edisiMedan.com/fharris]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto bersama keluarga besar Direktorat Polisi Perairan Polda Sumut dan sejumlah Kapolres sejajaran Poldasu menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Dirpolair di halaman Mako Dirpolairdasu Jalan TM Pahlawan Belawan, Selasa (4/12/2018).

Dirpolairdasu, Kombes Pol Yosi M, menyampaikan, perayaan ini sebagai wujud rasa syukur atas penghargaan dan pengabdian dari para pendahulu hingga Polairud saat ini terus maju dan berkembang sebagai pengayom pelindung dan penegak hukum di wilayah perairan.

Dalam rangkaian HUT ke-68 Polairud juga digelar sejumlah kegiatan bakti sosial, diantaranya donor darah, anjangsana kegiatan sosial, pembersihan pantai dan gerak jalan santai.

Disampaikannya, saat ini Ditpolair Polda Sumut didukung armada kapal patroli sebanyak 54 unit, Satpolair ada 31 unit dan perahu karet 16 unit. Selain itu juga dikembangkan program Binmas perairan dengan masyarakat nelayan sebagai upaya preventif perairan.

“Patroli perairan dilakukan di siang hari dan malam hari sebagai upaya preventif perairan serta penegakkan hukum,” ujar pamen polisi berpangkat tiga melati emas tersebut.

Dia juga menyebutkan selama setahun ada 53 kasus terdiri illegal fishing yang ditangani dan 25 kasus ilegal logging maupun kasus lainnya dengan kerugian negara yang diselamatkan mencapai Rp 8,151 miliar.

Ditpolairdasu juga menjalankan kerja sama dengan Police Marine Malaysia serta kemitraan di dalam negeri dengan sejumlah instansi maupun stokeholder lainnya.

“Ditpolairdasu tetap konsisten dalam penegakkan hukum serta mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia,” ujarnya.

Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto yang membacakan amanat Kapolri Jendral Tito Karnavian menyampaikan, peran Polairud sangat besar bagi Polri dalam menegakkan hukum di perairan, seperti kasus pidana di perairan serta peran serta dalam membantu korban bencana alam tsunami, gempa di Palu dan Donggala, peran serta dalam menyukseskan Sea Games maupun Para Games maupun event nasional lainnya.

Dalam moment HUT ke-68 Polairud, juga diresmikan penggunaan alat utama 23 alat kapal patroli dan 2 unit alat terbang dalam mendukung kinerja Polairud.

“Terus jalin kerja sama dan sinergitas pada seluruh pemangku kepentingan dan pada masyarakat. Hindari prilaku yang dapat merusak citra Polri diantaranya prilaku koruptif, arogansi sehingga Polairud semakin dicintai di tenggah masyarakat,” ungkap Kapolri dalam sambutannya. [fsl]

Apa Tanggapan Anda?