Dua Cagubsu Deklarasikan Kampanye Damai

43
KAMPANYE DAMAI. Dua pasang calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan kampanye damai di Medan. Deklarasi kampanye damai ini dilakukan di Taman Budaya Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu (18/2/2018). [edisimedan.com/ska]

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Dua pasang calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mendeklarasikan kampanye damai di Medan. Deklarasi kampanye damai ini dilakukan di Taman Budaya Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Minggu (18/2/2018).

Di lokasi, paslon nomor urut 1 Edy Rahmayadi tidak ditemani pasangannya Musa Rajekshah. Sementara, paslon nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus hadir.

Berita Terkait

Deklarasi Tolak Politik Uang dan SARA, Ijeck: Kita sudah Komitmen dari Awal

Masyarakat Labuhanbatu Raya Deklarasi Tolak Politik Uang dan Isu Sara pada Pilgubsu 2018

Sihar Sitorus Menilai Politik Uang dan Politisasi SARA Persulit Diri Sendiri

Dalam kesempatan itu, kedua pasang kandidat secara bersamaan membacakan deklarasi kampanye damai yang dipimpin Ketua KPU Sumut Mulia Banurea. Setelah itu, dilakukan pelepasan burung merpati dan balon ke udara.

Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra yang hadir dalam acara deklarasi ini mengatakan, kampanye yang sudah mulai berlangsung diharap berjalan dengan damai dan mengikuti aturan yang telah dilakukan.

“Kampanye adalah sebuah hal biasa untuk demokrasi, tidak menggunakan money politic, tolak kampanye negatif,” ujarnya.

Dalam masa kampanye, lanjut Ilham, KPU berkoordinasi dengan

Bawaslu. Selain itu, pihak pasangan calon diminta untuk mendaftarkan akun media sosial ke KPU.‎

“Kita harap kampanye ini berjalan dengan baik. Kita juga berkoordinasi dengan Bawaslu,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, dua pasangan calon yang telah ditetapkan ini merupakan yang terbaik bagi masyarakat. Kepada kedua paslon, ia mengingatkan agar menggunakan tahapan kampanye dengan sebaik mungkin.

“Dalam melaksanakan tahapan, kami kerja secara profesional. Kami menjaga integritas kami,” tukasnya.

Usai menyatakan kesepakatan untuk itu, kedua pasangan calon lalu diarak menggunakan mobil keliling Kota Medan.

Edy Rahmayadi yang cagub nomor urut 1 mendapat kesempatan pertama untuk melakukan pawai dengan iring-iringan mobil. Setelah itu, paslon Djarot-Sihar menyusul. Pawai ini mendapat pengawalan oleh pihak kepolisian. [ska]

Apa Tanggapan Anda?