Home / BISNIS / Dua Kota  IHK Di Sumut Deflasi Di Desember 2019

Dua Kota  IHK Di Sumut Deflasi Di Desember 2019


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-Berdasarkan berita resmi statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara (BPS Sumut) bahwa pada bulan Desember 2019, 2 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sumatera Utara (Sumut) mengalami deflasi.

Dua kota itu yakni Medan deflasi sebesar 0,28 persen dan Padangsidimpuan sebesar 0,13 persen.

Disebutkan juga bahwa selain adanya kota yang deflasi, ada juga yang inflasi yakni Sibolga sebesar 0,51 persen dan pematang Siantar sebesar 0,34 persen. Dengan demikian gabungan 4 kota IHK di Sumut pada bulan Desember 2019 deflasi sebesar 0,19 persen.

“Tadi sudah dipaparkan oleh pusat bahwa Nasional mengalami inflasi sebesar 0,34 sedangkan Sumut, di Desember terjadi deflasi 0,28 persen Sehingga kita yakini Inflasi tahunan kita masih dibawah nasional. Secara berturut-turut kita sudah mengalami deflasi. Sehingga inflasi tahunan kita bisa dibawah inflasi nasional,” ujar Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi pada Kamis (2/12/2019).

Baca Juga:  Presiden Anugerahkan Sutias Penghargaan Satya Lencana Wirakarya

Disebutkannya Deflasi Di Medan terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks empat kelompok pengeluaran yaitu bahan makanan, kelompok sandang, kelompok kesehatan, kelompok rekreasi dan kelompok olahraga.

Lanjutnya, kelompok makanan merupakan pemberi andil deflasi tertinggi terhadap inflasi umum kota Medan yaitu sebesar 0,39 persen.

“adapun penyumbang deflasi di Medan antara lain cabai merah, cabai rawit, mobil, ikan kembung, anggur, emas perhiasan, kemeja pendek katun laki-laki,” ujarnya lagi.

Adapun persentase penurunan harga komoditas tersebut antara lain, harga cabai merah turun 17,43 persen, harga cabai rawit turun 21,27 persen, harga mobil turun 0,97 persen, harga ikan kembung turun 2,71 persen, harga anggung turun 16,63 persen, harga emas perhiasan turun 1,15 persen, harga kemeja pendek katun laki-laki turun 12,49 persen.

Baca Juga:  XL Axiata Bantu Toko Pulsa Hindari Covid-19

Sementara itu disebutkan Syech Suhaimi bahwa komoditas yang mengalami peningkatan harga antara lain angkutan udara, bawang merah, dencis, daging ayam ras, telur ayam ras, minyak goreng dan rokok putih. (Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up