Home / POLITIK / Duh, Persyaratan Tiga Pasangan Bacagub/Cawagubsu Masih Bermasalah

Duh, Persyaratan Tiga Pasangan Bacagub/Cawagubsu Masih Bermasalah


Sejumlah Komisioner KPU Sumut meggelar konferensi pers usai Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Dokumen Pasangan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018 di Hotel Mercure Medan, Rabu malam (17/1/2018).

EDISIMEDAN.com, MEDAN– Berkas persyaratan yang diserahkan tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada saat melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sumut ternyata masih bermasalah dan belum lengkap.

Hal ini disampaikan Benget Silitonga, salah seorang komisioner KPU Sumut kepada wartawan, disela acara Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Dokumen Pasangan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018 di Hotel Mercure Medan, Rabu malam (17/1/2018 ).

“Kami tegaskan, bahwa semua persyaratan yang diajukan ketiga pasangan Calon yakni Edi Rahmayadi – Musa Rajeckh Shah, JR Saragih – Ance, Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus, semuanya belum ada yang memenuhi persyaratan, dan masih ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi,” ujar Benget Silitonga.

Namun kata Benget, KPU masih memberikan tenggat waktu hingga tanggal 20 Januari 2018, agar para calon kepala daerah itu melengkapi berkas calon yang masih kurang atau belum terpenuhi.

Baca Juga:  Saat Sihar Sitorus Blusukan di Pajus, Mahasiswi Kedokteran Nommensen Lakukan Ini

“Tidak ada lagi perbaikan setelah tanggal 20, kita berikan deadline pada tanggal itu”,tegas Benget.

Sementara itu dalam paparannya, KPU Sumut menjelaskan bakal Calon Gubernur Edy Rahmayadi belum menyerahkan data asli LHKPN dari KPK. Edy juga belum mencantumkan Ijazah Akademi Militer yang dilegalisir dan baru menyerahkan foto copy Surat Keterangan Pemberhentian dari TNI.

Sedangkan pasangannya, Musa Rajeckh Shah masih tersangkut masalah kependudukan.

BACA JUGA

Untuk Bacagub JR Saragih, dalam laporan KPU menyebutkan masih tersangkut ijazah SMA yang belum dilegalisir. Hal sama juga terjadi pada bakal Calon Wakil Ance, masih tersangkut ijazah yang belum dilegalisir. Begitu juga dengan pencantuman nama dan tanggal lahir di e- KTP.

Dari hasil penelitian dokumen, Djarot ditemukan LHKPN belum disertai data asli. Dia juga dalam 5 tahun terakhir tidak mencantumkan bukti pelunasan sebagai Wajib Pajak (WP).

Baca Juga:  Djarot: Seperti Siantar, Betor Sidempuan Juga Dilestarikan

Begitu juga dengan Sihar Sitorus masih banyak berkas dokumen bermasalah, terutama masalah kependudukan dan pas photo, serta shof copy pas photo.

Dari semua pasangan calon dinyatakan sehat dan tidak memiliki catatan kriminal, serta sedang tidak dicabut haknya menurut pengadilan. Begitu juga dengan persoalan pailit dan tidak berhutang kepada negara sesuai keputusan Pengadilan Niaga dan Pengadilan Tinggi, semua pasangan calon lulus murni.

Tampak hadir Ketua KPU Sumut Mulia Banuera beserta jajaran komisioner,serta tim pemenangan tiga pasangan bakal calon yang ditandai penandatanganan Berita Acara. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up