Duta UKM Sumut Promosikan Produk Ke Thailand

73
Duta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara Muhammad Ja’far Hasibuan mempromosikan produk-produk koperasi dan UKM Sumatera Utara dalam rangkaian kegiatan Comparative Study and Race di Bangkok, Thailand pada 29 Juni-3 Juli 2018 yang lalu.

EDISIMEDAN.com, MEDAN: Duta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumatera Utara Muhammad Ja’far Hasibuan mempromosikan produk-produk koperasi dan UKM Sumatera Utara dalam rangkaian kegiatan Comparative Study and Race di Bangkok, Thailand pada 29 Juni-3 Juli 2018 yang lalu.

“Keberangkatan saya dalam kapasitas sebagai Duta Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara,” kata Ja’far.kepada wartawan Jumat, (07/7/2018) kemarin.

Sebagai Delegasi tunggal mewakili Indonesia Ke Negara Thailand, tujuan kunjungan utama salah satunya melakukan study perbandingan terhadap koperasi terbesar produsen udang di Thailand, Samut Sakhon Shirimp Producer Cooperative Type of business: Fisheries cooperative dengan Koperasi Silau Terasi Asahan Sumatera Utara.

Selain itu, study tersebut juga melakukan perbandingan antara tanaman amla yang ada di Thailand dengan Koperasi Bumi Balakka Paluta

“Kegiatan lain, ya promosi produk UKM dan Koperasi di Kabupaten/ Kota Sumatera Utara,” imbunya.

Sebagai Delegasi Indonesia yang difasilitasi Kedutaan Besar Kerajaan Thailand di Jakarta, lanjutnya, ia tetap mengkoordinasikan kegiatan internasional ini kepada Dinas Koperasi dan UKM Sumut, sehingga tetap dapat menjadi ajang promosi Koperasi dan UKM Sumut ke mancanegara.

Pria kelahiran Sampuran Simarloting – Hulu Sihapas, Padang Lawas Utara (Paluta), Sumut, 11 Januari 1990 ini menambahkan, dari pertemuannya dengan berbagai pihak khususnya pelaku usaha di Thailand, setidaknya dapat melahirkan sejumlah komitmen yang dapat mendukung kemajuan Koperasi dan UKM Sumut.

“Terima kasih KBRI di Bangkok dan Kedutaan Besar Kerajaan Thailand di Jakarta yang telah memberikan kesempatan dan memfasilitasi saya untuk kegiatan ini, juga Dinas Koperasi dan UKM Sumut, teman-teman Koperasi dan UKM serta semua pihak yang memberikan dukungan selama kegiatan ini,” ujar alumni FTIK UIN SU Medan itu.

Ja’far memaparkan, setidaknya lima poin penting yang telah ia promosikan kepada berbagai pihak selama di Thailand mengenai Koperasi dan UKM, di antaranya promosi ekspor produk Koperasi dan UKM, kemudahan berkoordinasi dengan KBRI di Thailand dan dukungan KBRI Bangkok untuk promosi produk Koperasi dan UKM.

Sebelumnya, tahun 2016, Ja’far dinobatkan sebagai Pemuda Nasional Berprestasi dan oleh Kemenpora RI dipromosikan untuk mengikuti kegiatan promosi berskala internasional di 4 negara yaitu di Amerikat, Swiss, Jepang dan Thailand. Setahun kemudian, 2016, Ja’far ditunjuk sebagai Duta Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. ( Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?